nusabali

Bupati Mas Sumatri Ajak 36 Dubes Berwisata di Karangasem

  • www.nusabali.com-bupati-mas-sumatri-ajak-36-dubes-berwisata-di-karangasem

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengajak 36 duta besar (Dubes) berwisata di Objek Wisata Tirtagangga dan Objek Wisata Pura Besakih, Sabtu (24/2).

AMLAPURA, NusaBali

Bupati Mas Sumatri bermaksud promosikan potensi objek wisata, sekaligus meyakinkan bahwa Karangasem aman dikunjungi, setelah status awas Gunung Agung diturunkan jadi siaga. Kedatangan rombongan Dubes dipimpin Sekretaris Ditjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Al Busyra Basnur dalam acara yang dikemas dalam Diplomatic Tour, itu menggunakan empat bus, tiba di Objek Wisata Tirtagangga, Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, Sabtu kemarin pukul 11.00 Wita.

Begitu tiba, Bupati Mas Sumatri bersama Ketua DPRD Karangasem I Nengah Sumardi, didampingi Kadis Pariwisata Karangasem I Wayan Astika mengalungkan bunga kepada 36 Dubes dan keluarganya. Selanjutnya semua Dubes dapat bingkisan foto objek wisata di Karangasem dan dilanjutkan foto bersama. Seluruh Dubes foto bersama berjejer di tengah kolam, yang di dalam kolam telah ada jalan setapak untuk berdiri.

Saat itulah Bupati Mas Sumatri memperkenalkan tagline ‘Karangasem the Spirit of Bali’, yang diikuti para Dubes. Kemudian tagline tersebut disempurkan oleh pihak Kementerian Luar Negeri dengan maksud agar gaungnya lebih mendunia, yakni, ‘Karangasem the Spirit of Bali, Wonderful Indonesia’. Penyebutan tagline yang disempurnakan itu disambut tepuk tangan dari para Dubes.

Saat itu Bupati Mas Sumatri memperkenalkan Objek Tirtagangga, atau disebut taman air, yang merupakan peninggalan Raja Karangasem XVI Anak Agung Agung Anglurah Ktut Karangasem,

Selanjutnya Dubes bersama keluarganya disuguhi kopi dan jajan lokal Karangasem. Kunjungan berikutnya ke Objek Wisata Pura Besakih, di Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang. Di objek ini rombongan tiba pukul 14.00 Wita. Juga diselingi foto-foto bersama, sambil Bupati Mas Sumatri menerangkan keberadaan Pura Besakih yang merupakan pura terbesar di dunia untuk kegiatan spiritual umat Hindu.

“Kedatangan Dubes ini untuk mempromosikan dan memulihkan industri pariwisata di Karangasem termasuk Bali, yang sempat terganggu erupsi Gunung Agung. Kami merasa bangga dikunjungi 36 Dubes, sehingga lebih efektif memperkenalkan keindahan Karangasem,” kata Bupati Mas Sumatri. Menurutnya, kedatangan puluhan Dubes tersebut merupakan hal sangat positif untuk perkembangan pariwisata di Karangasem.

Sekretaris PHRI Karangasem I Wayan Kariasa juga mengapresiasi gebrakan Bupati Karangasem yang mampu menghadirkan puluhan Dubes. “Kami sangat optimistis, geliat industri pariwisata Karangasem ke depan lebih maju,” kata Kariasa.

Kadis Pariwisata Wayan Astika mengatakan, kunjungan puluhan Dubes tersebut diharapkan mampu mempengaruhi minat calon wisatawan dari masing-masing negara asal para Dubes. “Ini langkah efektif melakukan promosi. Apalagi selama kunjungan divideokan, dan hasilnya diserahkan kepada para Dubes itu untuk diteruskan ke negaranya,” kata Astika.

Para Dubes yang berkunjung ke Karangasem, tersebut di antaranya, Dubes Chile HE James Sinclair, Dubes Peru HE Manuel Talavera, Dubes Turki Sander Gurbuz, Dubes Bosnia Muhammad Cengie, Dubes Irlandia Kyle O’Sulivan.  *k16

Komentar