nusabali

Aksi Bersih Pantai, TNBB Kumpulkan 1 Ton Sampah Plastik

  • www.nusabali.com-aksi-bersih-pantai-tnbb-kumpulkan-1-ton-sampah-plastik

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan ikut berpartisipasi dalam 'Bali Biggest Clean Up', Taman Nasional Bali Barat (TNBB) menggelar kegiatan bersih-bersih pantai secara serentak di kawasan TNBB, Sabtu (24/2).

NEGARA, NusaBali

Dari aksi bersih-bersih tersebut, terkumpul sebanyak 1.379 kilogram (kg) sampah plastik. Aksi bersih pantai (beach clean up) dengan hasil sebanyak 1,3 ton sampah plastik tersebut, dilakukan di 4 titik pantai kawasan TNBB. Di antaranya di  Pantai Pulau Menjangan sebanyak 560 kg, Pantai Karangsewu sebanyak 344 kg, Pantai Prapat Agung sebanyak 225 kg, dan Pantai Teluk Terima sebanyak 250 kg.

Kasubbag Tata Usaha (TU) TNBB, Wiryawan mengatakan kegiatan tersebut diikuti 204 orang partisipan. Selain dari kalangan pegawai TNBB, juga ikut serta para pelaku usaha wisata seputaran kawasan TNBB, kelompok nelayan, siswa dari SMKN 4 Negara, dan masyarakat sekitar. "Kami gelar serentak aksi clean up ini juga Bali Biggest Clean Up yang digelar hari ini," ujarnya.

Dalam aksi bersih-bersih hingga turun ke pinggiran pantai itu, juga khusus menyasar sampah anorganik. Adapun 1,3 ton sampah yang dikumpulkan itu, diantaranya berupa kantong plastik, botol plastik, botol kaca, bekas wadah makanan siap sapi, pampers, bungkus snack, plastik detergen, stereofoam, kain bekas, ban mobil, dan lainnya. "Setelah ditimbang dan dicatat, sampah yang berhasil dikumpulkan sebagian ditampung di bangunan pemilah sampah untuk dipilah. Sisa yang tidak dapat dipilah dibawa ke TPS terdekat," ujarnya.

Menurut Wiryawan, beach clean up dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat itu, dimaksudkan sebagai sarana membangun kepedulian bersama terhadap masalah sampah. Apalagi, masalah sampah anorganik ini juga menjadi salah satu ancaman bagi kelestarian alam maupun habitat konservasi TNBB. "Keterlibatan dan partisipasi aktif semua pihak sangat diperlukan untuk penanganan masalah sampah ini. Harus ada kesadaran bersama," pungkasnya. *ode

Komentar