nusabali

Feng Shui : Kamar Mandi

  • www.nusabali.com-feng-shui-kamar-mandi

Kamar mandi adalah salah satu ruang terpenting di dalam rumah. Di dalam ‘ruang basah’ dan tidak seberapa besar ini, Anda seakan menemukan jati diri Anda.

Inilah tempat Anda melakukan relaksasi dalam kesejukan air tanpa gangguan, walau hanya beberapa saat setiap harinya. Kamar mandi mempunyai peran yang sangat luas. Ia bukan sekadar sebagai tempat runitas mandi sehari-hari, tetapi juga sebagai ruang untuk bersiap diri menghadapi aktivitas sehari-hari. Bahkan lebih jauh lagi, kamar mandi merupakan ruang privasi sebagai tempat ideal untuk membangun inspirasi. Privasi sebuah ruang tidak sekadar ‘tertutup’ dan ‘jauh dari keramaian’ tetapi juga ruang dengan ‘ketenangan yang mampu menyatu dalam jiwa seseorang’. Inilah harmonisasi antara manusia dengan lingkungan dalam sebuah ruang.

Dalam ilmu Feng Shui, ‘air’ disebut sebagai sumber kehidupan. Tentu kehidupan bisa berarti luas. Ia berarti memunculkan kesegaran fisik, bisa pula menyegarkan pikiran Anda hingga ide baru tumbuh subur. Namun, tentu saja, sebuah kamar mandi sulit dikatakan baik apabila kamar mandi tersebut memberi ‘air’ belaka. Sebuah kamar mandi haruslah menyatu dalam harmoni dengan diri Anda. Itu berarti, sebuah kamar mandi yang baik adalah apabila kamar mandi tersebut bisa memberikan ‘air’ yang jernih, dengan perangkat dan desain ruang yang membuat Anda merasa nyaman.

Memilih Lokasi
Rumah adalah sebuah tempat di mana kesempatan dan karier Anda dimulai. Karena itu, cermatlah dalam memilih lokasi. Gunakanlah ‘ba gua’ untuk mengetahui lokasi yang tepat dan sesuai dengan jati diri Anda. Lokasi sebuah kamar mandi sebisa mungkin tidak menempati lokasi yang merupakan sektor ‘terbaik’ Anda. Selain itu, menempatkan ruang kamar mandi di sektor depan rumah dianggap bukan hal yang baik. Dalam ilmu Feng Shui, pilihan sektor seperti ini diyakini akan menjadikan chi positif yang seharusnya masuk dan memenuhi rumah Anda akan segera terbuang. Karena, kamar mandi adalah sebuah sebuah ruang yang sifatnya ‘membuang’.

Memilih Gaya Desain

Kamar mandi merupakan ruang privasi Anda atau keluarga. Itu berarti Anda harus benar-benar menyatu dengan konsep desain yang dianut. Dengan kata lain, Anda harus tahu konsep apa yang akan Anda usung sebelum menciptakan ruang privasi tersebut. Pastikan, pilihan desain Anda benar-benar sesuai dengan perasaan yang ada di dalam hati. Cara yang banyak dianggap mudah dan murah adalah dengan permainan warna. Warna tak saja membuat suasana menyenangkan, tapi juga mampu menghadirkan suasana dramatis sebuah ‘ruang basah’ kamar mandi. Tentu saja pilihan warna yang baik adalah sesuai dengan perasaan yang ada di dalam hati. Namun akan lebih baik jika Anda memilih warna yang sedikit terang dengan kesan netral yang menonjol.

Memilih Penerangan dan Sirkulasi Udara
Minimnya warna dalam sebuah kamar mandi mungkin sedikit mengundang kesan ‘sunyi’ di dalamnya. Namun, tak jarang, warna monoton, apalagi putih, justru makin membuat suasana membosankan dan ‘dingin’. Tentunya, sebuah ruang yang terlalu ‘dingin’ akan mengakibatkan otak Anda tidak sepenuhnya dapat bekerja dengan baik. Karena itu, energi ‘panas’ sebagai penyeimbang menjadi diperlukan. Energi ini dapat Anda tampilkan dalam penerapan pencahayaan dan sirkulasi udara yang tertata dengan baik.
Kadang pencahayaan dalam sebuah kamar mandi dianggap tidak penting. Orang sering menyepelekan hal ini dengan dalih sebagai ‘ruang basah’ wajar jika kesan ‘dingin’ itu tercipta dalam kamar mandi. Buntutnya, lampu seadanya dirasa sudah cukup. Pendapat ini jelas salah. Cahaya dalam kamar mandi adalah hal terpenting. Bukan saja sebagai penerangan, cahaya diharapkan mampu memberi kesan ‘hangat’ dalam sebuah ‘ruang basah’. Inilah yang merupakan jelmaan energi ‘panas’ sebagai penyeimbang dominasi ‘dingin’ kamar mandi. Dan itu bisa ditampilkan dalam bentuk ragam lampu yang indah. Makin banyak cahaya, maka akan makin baik kamar mandi Anda. Sirkulasi udara pun menjadi semakin baik. Dan terlebih penting, Anda pun akan makin akan merasa menyatu dengan alam. Itulah sebuah harmoni.

Memilih Perabot

Letak, warna, cahaya, dan sirkulasi adalah hal penting dalam menciptakan kehangatan sebuah kamar mandi. Namun, untuk sebuah harmoni, semua itu akan bertambah terasa jika Anda mampu menghadirkan perabot yang mendukungnya. Seperti halnya Anda menciptakan harmoni di dalam rumah, perabot yang mengisi sebuah ruang haruslah menjadi perhatian penting. Keseimbangan dan keselarasan harus tetap dijaga. Dewasa ini banyak produsen peralatan kamar mandi yang menawarkan beragam corak dan warna. Jika Anda benar-benar ingin menciptakan harmoni yang penuh dengan kelembutan, maka ada baiknya Anda memilih bentuk yang sederhana. Selain bentuk, tentu saja kekuatan menjadi pertimbangan penting. Yang pasti, ‘safety’ perabot kamar mandi, adalah bagaimana semua perabot itu mampu memberikan kepraktisan, sirkulasi aliran ‘air’ yang baik, kelembutan dalam bentuk, serta yang terpenting mampu menghemat ‘air’. Menghemat pemakaian ‘air’ ikut berperan dalam menjaga kelestarian sumber daya ‘air’. Hal ini adalah point terpenting dalam terciptanya harmoni dengan alam.*

loading...

Komentar