nusabali

Tawur Agung Dipusatkan di Prambanan

  • www.nusabali.com-tawur-agung-dipusatkan-di-prambanan

Sebelum merayakan hari raya Nyepi tahun baru saka 1940 yang jatuh pada 17 Maret mendatang, umat Hindu melaksanakan upacara Tawur Agung Kesanga pada 16 Maret.

JAKARTA, NusaBali
Secara nasional, upacara berlangsung di Candi Prambanan. "Kami menggelar ritual Tawur Agung di Candi Prambanan," ujar Ketua Panitia Perayaan Hari Raya Nyepi Nasional Tahun Baru Saka 1940, Laksamana Muda (TNI) I Nyoman Gede Ariawan. Gede Ariawan menuturkan, bukan tahun ini saja upacara Tawur Agung berlangsung disana.
 
Tahun sebelumnya juga dilaksanakan di Candi Prambanan. "Ini menunjukkan umat Hindu tidak hanya berada di Bali saja, melainkan ada di daerah lain, termasuk di Jawa," kata Gede Ariawan. Alhasil masyarakat disana sangat antusias mempersiapkan upacara tersebut.
 
Panitia perayaan hari raya Nyepi tingkat nasional pun berkoordinasi dengan panitia di daerah agar acara berjalan lancar. Selain upacara Tawur Agung, mereka juga menggelar kegiatan sosial seperti yoga massal pada 25 Maret mendatang di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur yang bisa diikuti oleh kalangan lainnya.
 
Selanjutnya pengobatan massal gratis pada 30 Maret dan disambung dengan penanaman pohon. Agenda tersebut mereka lakukan usai perayaan hari raya Nyepi, lantaran waktunya tidak memungkinkan di gelar sebelum hari raya. Tak ketinggalan, mereka menggelar Dharma Santi nasional.
 
"Dharma Santi merupakan silaturahmi. Kami mengagendakan pada 8 April nanti di Mabes TNI Cilangkap. Kami juga mengajukan surat agar Presiden dan Wakil Presiden hadir," kata Gede Ariawan. Selain orang nomor satu di Indonesia, Duta Besar negara-negara sahabat, tokoh lintas agama, menteri dan umat se-Jabodetabek hadir pula. *k22

Komentar