nusabali

Papan VMS Depan Puspem Badung Error

  • www.nusabali.com-papan-vms-depan-puspem-badung-error

Papan informasi elektronik atau variable message sign (VMS) yang ada di depan Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Badung di Kelurahan Sempidi, Kecamatan Mengwi, error.

MANGUPURA, NusaBali

Padahal semestinya papan VMS untuk memberikan update informasi lalu lintas, sehingga pengguna jalan dapat mengetahui apakah ruas jalan di Badung sedang macet atau tidak. Matinya VMS tersebut terpantau pada Selasa (27/2) siang. Tapi sebetulnya hari Senin (26/2) tampilan gambar pada papan VMS sudah tidak normal. Gambar yang muncul di layar tidak lagi full, hanya sebagian saja yang masih menyala. Gambar yang muncul pun tak jelas.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Wayan Weda Darmaja, tidak banyak memberikan komentar. Dia mangaku kewenangan terhadap papan VMS kini sepenuhnya berada di bawah Dinas Perhubungan (Dishub), yang dulu masih menjadi satu dengan Diskominfo. “Sekarang Dishub yang punya itu, kalau dulu iya di bawah Dishubkominfo,” tegasnya. Dia mengarahkan agar menghubungi pihak Dishub Badung terkait papan VMS tersebut.

Sementara Kepala Dishub Badung AAN Rai Yuda Dharma, membenarkan papan VMS mati. Bahkan diakui kerusakan VMS terjadi sejak sepekan lalu. “Iya dari seminggu mati. Katanya ada masalah teknis. Tapi sudah kami  perintahkan untuk segera diperbaiki,” katanya.

Yuda Dharma menilai, papan VMS yang terpasang secara out door memang rentan alami kerusakan. “Apalagi sekarang kan musim hujan, jadi mungkin ada yang rusak, sehingga mati. Mudah-mudahan cepat bisa selesai perbaikannya,” tandasnya.

Untuk diketahui, papan VMS mulai dipasang sekitar tiga tahun lalu. Selain di depan Puspem Badung, Jalan Raya Sempidi, papan sejenis juga dipasang di sebelah barat monumen bangsal, Dalung, Kuta Utara, serta di Jalan Raya Tuban depan SDN 6 Tuban, Kecamatan Kuta. VMS ini berfungsi memberikan informasi lalu lintas seperti kondisi dan situasi secara streaming. Tak hanya itu juga memberikan informasi petunjuk jurusan, kecepatan lalu lintas, kemacetan lalu lintas serta imbauan tertib lalu lintas. *asa

Komentar