nusabali

Warga Nusa Penida Ramai-ramai Pulang Kampung

  • www.nusabali.com-warga-nusa-penida-ramai-ramai-pulang-kampung

Warga dari Kecamatan Nusa Penida, Klungkung yang ada  di rantauan mulai pulang kampung, Selasa (27/2).

Menjelang Pujawali di Pura Penataran Ped


SEMARAPURA, NusaBali
Kepulangan mereka serangkaian Pujawali di Pura Penataran Ped, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Buda Cemeng Klawu, Rabu (28/2) ini.  Kondisi tersebut terlihat dari banyaknya warga dari Nusa Penida yang pulang kampung lewat pelabuhan di pantai Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung. Boat yang malayani penyeberangan Desa Kusamba-Kecamatan Nusa Penida pun menambah jumlah penyeberangan. Bahkan dalam setangah hari pelabuhan sudah melayani 15 kali penyebrangan (trip). Jika hari biasa, rata-rata 6 trip sehari. “Keberangkatan ini sebagian besar warga yang akan sembahyang saat Pujawali di Pura Penataran Ped, Nusa Penida,” ujar Pengawas Pelabuhan Tribhuana, Desa Kusamba, I Made Suardika.

Kata dia, sesuai pengalaman sebelumnya, peningkatan jumlah penumpang menuju Nusa Penida akan terjadi hingga Rabu (28/2) pagi. Arus balik diprediksi terjadi pada 1 Maret mendatang. Untuk kondisi cuaca saat ini, cerah dan gelombang normal.

Sementara itu, salah seorang penumpang boat, Ni Putu Sunarningsih,40, warga Desa Klumpu, Nusa Penida, bersama keluarganya pulang ke Nusa Penida menjelang piodalan di Pura Penataran Ped. Setiap Pujawali, dia dan keluarganya selalu menyampatkan pulang untuk sembahyang.

Karena banyaknya penumpang, jasa penitipan sepeda motor juga meningkat. Menurut seorang penyedia jasa penitipan sepeda motor, I Dewa Nyoman Rai, jumlah kendaraan yang dititip mencapai 200-250 unit. Untuk kendaraan roda 2 dikenakan tarif sebesar Rp 5.000/hari kalau lebih dari 3 hari Rp 10.000 per kendaraan. “Peningkatan ini juga terjadi saat hari-hari raya besar lainnya, seperti Galungan, Kuningan dan lainnya,” ujarnya.*wan

Komentar