nusabali

Klungkung Absen 2 Kesenian di PKB 2018

  • www.nusabali.com-klungkung-absen-2-kesenian-di-pkb-2018

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudora) Klungkung, tengah mempersiapkan materi kesenian dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) 2018.

SEMARAPURA, NusaBali
Sekaa tabuh, penari dan pelaku seni sudah ditunjuk sebagai duta Kabupaten Klungkung. Namun pada PKB ini, Klungkung absen alam dua  materi pentas PKB, yakni gamelan inovatif dengan dua tarian (parade), serta tabuh dan tari Palegongan Klasik (parade). Kabid Kesenian Disbudpora Klungkung Komang Sukarya mengatakan, dua kesenian itu absen untuk kontingen Klungkung karena kekurangan anggaran.

Kata, dia, pagu anggaran untuk sekaa ke PKB sudah ditentukan sebelum materi PKB turun. Ternyata pada PKB 2018, ada tambahan sekitar tiga kesenian inovatif, dibandingkan materi PKB tahun sebelumnya. “Maka dana yang kami siapkan kurang untuk itu. Kami hanya tidak ikut pada dua materi PKB saja yang pentas saat parade. Kalau untuk pentas pergelaran, semua kami ikuti,” ujarnya, Selasa (27/2).

Kata dia,dua materi pentas PKB yang tidak diikuti yakni gamelan inovatif dengan dua tarian dan tabuh dan tari Palegongan klasik saat parade. Di satu sisi, penambahan materi PKB harus ada tambahan seniman dengan melibatkan sekaa-sekaa keseinan lebih banyak. Misalnya, sekaa kesenian inovatif gambelan klasik, tidak bisa diprediksi biayanya, misalnya Rp 20 juta - Rp 30 juta. Seniman yang dibutuhkan rata-rata 50 orang dan latihannya selama tiga bulan. Maka bisa diprediksi biayanya ratusan juta rupiah. “Kami tidak tahu penambahan materi dari provinsi, untuk anggaran dalam PKB ini dialokasikan Rp 1,8 miliar untuk sekaanya,” ujarnya.

Disebutkan, pagelaran kesenian inovatif dengan gamelan inovatif hampir sama. Di satu sisi Klungkung sudah ikut dalam kesenian inovatifnya pada pagelaran, bukan di parade. “Saat ini kami sudah persiapan dalam tahap latihan dan penyesuaian materi,” katanya.

Adapun sekaa yang mewakili Klungkung pada PKB tahun ini, di antaranya Sekaa Gong Kebyar Dewasa Yowana Wira Bumi, Desa Tangkas, Kecamatan Klungkung. Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Gentorang, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan. Sekaa Gong Kebyar Wanita Gita Katih Ilang, Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida. Sekaa Baleganjur Panji Ulangun Santhi (Pangus) Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan. Sekaa Nglawang SMPN 1 Semarapura, Sekaa Arja Gita Taruna SMPN 2 Semarapura, Sanggar Kanaka Art Banjar Sangging, Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung, dan lainnya.*wan

Komentar