nusabali

Puskesmas Abang I Kurang Refresentatif

  • www.nusabali.com-puskesmas-abang-i-kurang-refresentatif

Rumah dinas dokter dan rumah dinas petugas medis dijadikan ruang rapat dan ruangan administrasi.

AMLAPURA, NusaBali
Gedung Puskesmas Abang I di Banjar Abang Kaler, Desa/Kecamatan Abang, Karangasem dinilai tidak layak lagi digunakan untuk pelayanan. Alasannya, kurang refresentatif yakni ruangan sumpek, berdesak-desakan, dan tanpa tempat parkir. Bahkan rumah dinas diambil alih jadi fasilitas kantor. Kepala Puskesmas Abang I, Made Widana acap mengusulkan pemindahan gedung namun belum dapat respons.

Made Widana menerangkan, rumah dinas dokter telah diambilalih digunakan aula sekaligus ruang rapat. Begitu juga rumah dinas petugas paramedis, diambil alih jadi ruang administrasi. Sehingga tidak ada rumah dinas, tetap saja kekurangan tempat kerja. Dikatakan, pelayanan puskesmas cukup luas meliputi delapan desa yakni Desa Ababi, Tiyingtali, Abang, Kesimpar, Pidpid, Nawekerti, Tista, dan Desa Tribuana.

Puskesmas Abang I lokasinya di pusat pemerintahan Kecamatan Abang. Ironisnya, tidak memiliki ruang rawat inap, tidak ada ruang parkir, dan fasilitas penunjang lainnya. “Makanya pelayanan selama ini kurang optimal, ruang kerja sempit dan dukungan infrastruktur lainnya. Kami telah usulkan agar dibangun gedung yang layak karena kebutuhan pelayanan semakin kompleks,” pinta Made Widana.

Ditambahkan, Puskesmas Abang I dengan petugas pokok 3 dokter umum, satu dokter gigi, dan 60 staf. Gedungnya mepet di jalan raya, tanpa halaman. Pengunjung yang bersepeda motor sulit parkir. Walau di depan gedung ada celah, namun sempit. Semula di bekas Kantor Camat Abang sedianya diambilalih jadi Puskesmas Abang I, ternyata telah dimanfaatkan jadi Kantor UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Abang.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra mengakui kondisi Puskesmas Abang I kurang layak untuk mengoptimalkan pelayanan. “Kami telah menjajagi untuk membangun Puskesmas Abang I, masih mencari lahan yang strategis, dengan lahan cukup luas,” kata Gusti Putra. Rencananya, Puskesmas Abang I dikembangkan untuk rawat inap, penambahan tenaga medis dan paramedis. *k16

Komentar