nusabali

SMPN 6 Singaraja Raih Anugerah Karya Pendidikan

  • www.nusabali.com-smpn-6-singaraja-raih-anugerah-karya-pendidikan

SMP Negeri 6 Singaraja kembali meraih penghargaan.

SINGARAJA, NusaBali

Kali ini sekolah yang berlokasi di depan Kantor Bupati Buleleng ini dianugerahi penghargaan bergengsi yang bertajuk ‘Penghargaan Prestise Indonesia 2018’  dalam bidang pendidikan. Pengahargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Penyelenggara dari Indonesian Achievement Center (IAC), Rere Swastika Tanjung, di  Grand Inna Kuta Hotel, pada Jumat (23/2) lalu.

Dalam pelaksanaannya Indonesian Achievement Center bekerjasama dengan sejumlah mitra yang bersifat independen dalam menyeleksi dan menentukan beberapa sekolah terbaik untuk pemberian penghargaan nasional ini.    “Indonesian Achievement Center merupakan institusi  independen  yang telah dipercaya dalam tingkat nasional sebagai panduan standar dalam pengukuran kualitas terbaik. Bentuk penghargaan dari kualitas tertinggi dan bergengsi di Indonesia diberikan sebagai apresiasi,” kata Rere.

Khusus dalam bidang pendidikan, IAC memberikan penghargaan kepada kepala sekolah dan lembaga pendidikan yang dipimpinnya yang dinilai berhasil menerapkan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan dalam rentang waktu yang ditentukan dan tahun ini diberikan penghargaan kategori ‘Anugerah Karya Pendidikan Indonesia 2018’.

 SMP Negeri 6 Singaraja sebagai salah satu sekolah dari sembilan sekolah se-Indonesia yang dinobatkan sebagai penerima penghargaan tersebut yang dikemas dalam event malam penghargaan prestise 2018.

Anugrah Karya Pendidikan Indonesia 2018 ini merupakan pembuktian keunggulan SMP Negeri 6 Singaraja dalam memberikan layanan pendidikan yang terbaik sehingga mampu menghasilkan citra positif dari tahun ke tahun, yang dinilai intensif dalam rentang waktu kurang lebih empat tahun terakhir.

Penghargaan ini diberikan setelah melakukan penilaian dengan mengacu pada beberapa kriteria, yaitu: quality, performance, responsibility, transparancy & attractiveness dengan atribut pengukuran seperti: memberi pelayanan pendidikan inovatif dan berkualitas, pengelolaan manajemen yang baik, mampu berkembang mengikuti perubahan dan memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.

Penghargaan berupa piagam, trofi kaca, serta lukisan unik wajah penerima penghargaan itu diserahkan bersamaan dengan penyerahan penghargaan serupa untuk profesi dokter, notaris, dan pimpinan perusahaan terbaik.

Disinggung tentang keberhasilannya menyabet trofi kaca tersebut,  Kepala SMP Negeri 6 Singaraja, Drs I Gusti Agung Oka Yadnya M Pd, merasa bangga dan sangat bersyukur karena telah berhasil memperoleh penghargaan yang tidak pernah diduga sebelumnya. Apalagi penilaiannya dapat dipastikan memiliki objektivitas tinggi karena tidak ada kontak atau pemberitahuan terlebih dahulu.

Oka Yadnya, yang menerima langsung penghargaan tersebut, menyatakan bahwa keberhasilan tersebut bukan semata-mata karena kepala sekolah, melainkan kerjasama semua stakeholders yang ada di sekolah. Dalam hal ini semua warga sekolah ditambah komite sekolah, pihak Disdikpora Kabupaten Buleleng beserta jajarannya, dan pihak-pihak terkait lainnya. Oleh karena itu, kata kasek yang puluhan kali mengantongi prestasi nasional ini, menyatakan bahwa penghargaan tersebut mengindikasikan keberhasilan keluarga besar SMP Negeri 6 Singaraja. Disadari bahwa keberhasilan ini memiliki dua sisi penting, selain merupakan suatu kebanggaan, juga sebagai tantangan untuk berkinerja lebih baik di masa mendatang. Dalam kesempatan tersebut, Kasek yang dianugerahi Lencana Widya Kusuma oleh Gubernur Bali tersebut menyampaikan terima kasih kepada semua warga sekolah dan berbagai pihak yang telah mendukung pergerakan SpensiRaja (sebutan baru SMPN 6 Singaraja) selama ini. “Semoga penghargaan ini sebagai tonggak sejarah untuk menjadikan SMP Negeri 6 Singaraja semakin kompetitif,” harap Yadnya.7

loading...

Komentar