nusabali

Liga 1 Terancam Mundur Lagi

  • www.nusabali.com-liga-1-terancam-mundur-lagi

Jadwal resmi kompetisi Liga 1 2018 belum menemui titik terang. Hingga kini PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum bisa mengeluarkan draf jadwal.

JAKARTA, NusaBali

Ini karena PSSI belum merampungkan agenda program timnas Indonesia seusai Asian Games 2018.  COO PT LIB, Tigor Shalom Boboy menjelaskan, PSSI belum menyerahkan rencana pemusatan latihan dan uji coba internasional selepas Asian Games 2018.

"Sangat kemungkinan kick off Liga 1 musim ini akan mundur. Tapi, saya tidak berani mengeluarkan tanggal pastinya. Nanti kalau saya sebutkan, takutnya akan mundur lagi," kata Tigor, di sela-sela acara Team Manager Seminar, di Jakarta, Jumat (2/3).

"Kami menunggu program dari timnas Indonesia. Karena kami baru mendapatkan agenda timnas sampai Asian Games saja," kata Tigor.

Pada kesempatan itu PT LIB juga menyampaikan ‘Laws of the Games 2018’ beserta perubahan dan perkembangannya.  Sejumlah hal mengenai peraturan tentang jalannya pertandingan disampaikan perwakilan dari AFC (Konfederasi Sepakbola Asia) yang didampingi PT LIB.

Sebagai pembicara sekaligus konsultan, hadir Jeising Muthiah, salah satu FIFA General Coordinator dan tercatat sebagai AFC Macth Commissioner. Juga mantan wasit AFC asal Jepang, Toshiyuki Nagi yang kini menjabat sebagai Direktur Teknik Wasit PSSI menjadi salah satu pembicara di sesi ini.

"Agenda seperti ini memang baru pertama kali kami lakukan. Dan kami berharap sekali ada sarana yang tepat untuk setiap elemen di kompetisi untuk terlibat dalam pemahaman aturan," ungkap Tigor.

Sementara sejumlah kapten tim dan pelatih klub Liga 1 tampak hadir. Di antaranya Ismed Sofyan, Supardi, Rizky Pora, Bayu Pradana, Fadil Sauzu, Simon McMenemy, Robert Rene Albert, Jackson F Tiago dan Widodo C Putro.

Sehari sebelumnya, di tempat yang sama berlangsung seminar manajer tim klub Liga 1 yang bertujuan memberikan sertifikasi kepada manajer agar dapat menambah wawasan tentang sepakbola. *ant

Komentar