nusabali

Komisi XI DPR RI - BI Motivasi Mahasiswa Berwirausaha

  • www.nusabali.com-komisi-xi-dpr-ri-bi-motivasi-mahasiswa-berwirausaha

Komisi XI DPR RI membidangi keuangaan, perbankan, perpajakan, otoritas jasa keuangan, bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Denpasar mendorong mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa wirausaha.

DENPASAR,NusaBali

Mahasiswa tidak hanya membidik menjadi PNS saja ketika tamat menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Mahasiswa harus membuka lapangan kerja sehingga bisa membantu pemerintah dalam menurunkan angka pengangguran.

Hal itu terungkap dalam Seminar Nasional yang digelar anggota Komisi XI DPR RI, sekaligus sosialisasi tentang Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Tatacara Perpajakan, di Denpasar, Sabtu (3/3). Dalam seminar bertema ‘Peranan Bank Indonesa Menciptakan dan Mendorong Generasi Muda menjadi Wirausaha’ tersebut dihadiri sekitar 200 mahasiswa, Deputi Direktur Bank Indonesia Azka Subhan Aminuridho, Ketua Kadin Denpasar I Wayan Nugra Artana. Sejumlah mahasiswa  juga menyempatkan konsultasi soal cara mendapatkan pemodalan kewirausahaan.

Anggota Komisi XI Tutik Kusuma Wardhani dalam sosialisasi tentang pajak juga mendorong peranan masyarakat supaya untuk membantu program pemerintah, dengan kesadaran ikut sebagai wajib pajak. Karena pajak merupakan sebagai pendapatan terbesar negara untuk menopang pembangunan.

Tutik menambahkan dalam membuka lapangan kerja bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah. Ketika mahasiswa yang baru tamat kuliah bisa menjadi wirausahawan maka juga akan membuka lapangan kerja. “Jadi begitu tamat kuliah tidak menjadi pengangguran. Justru bisa membuat kesempatan kerja. Minimal dilingkungan keluarga. Jangan tamat kuliah fokusnya ingin menjadi PNS,” politisi Demokrat asal Singaraja, Buleleng ini.

Sementara Ketua Kadin Denpasar, Nugra Artana mengatakan Kadin Denpasar siap memfasilitasi generasi muda untuk bergabung dengan Kadin supaya bisa menjadi wirausaha. “Kadin bisa memberikan motivasi dan bermanfaat bagi generasi muda di Denpasar. Terutama dalam membantu dan memberikan kesempatan dalam berwirausaha. “Kami imbau kepada gerenrasi muda, adik-adik mahasiswa gabung dengan kami. Karena dengan wadah organisasi Kadin kita bisa saling membantu, terorganisir,” ajak  Nugra Artana.*nat

Komentar