nusabali

KKPS Gelar Lomba Guru Model

  • www.nusabali.com-kkps-gelar-lomba-guru-model

Kelompok Kerja Pengawaus Sekolah (KKPS) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bangli menggelar Lomba Guru Model Kabupaten Bangli tahun 2018.

Untuk Tingkatkan Kreatifitas Guru


BANGLI, NusaBali
Lomba tersebut digelar dalam rangka mempercepat lahirnya guru profesional. Penilain dilakukan dilakukan dalam dua tahapan. Hal tersebut disampaikan Kordinator Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bangli AA Ketut Jelantik, Minggu (4/3).

Dijelaskan, pihaknya ingin ada terobosan baru untuk memacu guru-guru agar lebih kreatif dan inovatif ketika mengajar di kelas. "Inilah tujuan sesungguhnya dari kegiatan lomba Guru Model ini,” jelasnya.

Lebih lanjut untuk Lomba Guru Model melalui dua tahap penilaian. Penilaian pertama dilakukan saat pelaksanaan kegiatan Penilaian Kinerja Sekolah. Penilaian kedua dilakukan setelah ditetapkan 10 peserta terbaik. "Karena kami ingin melahirkan guru model yang benar-benar menjadi idol di Kabupaten Bangli, maka penilaian tahap kedua kami lakukan melalui sistem panel atau terbuka. Nominator diobservasi saat mengajar di kelas, selanjutnya mereka akan diuji oleh lima orang juri dihadapan kepala sekolah, dan guru lain di sekolah yang bersangkutan,” jelasnya.  

Menurutnya, melalui sistem panel ini seluruh kompetensi guru akan bisa diukur dan dilihat oleh warga sekolah secara terbuka.” Jadi mereka yang nantinya akan keluar sebagai peserta terbaik akan benar-benar guru model yang telah diuji kompetensinya,” tegasnya.

Agung Jelantik menambahkan sejauh ini sudah ada 10 guru dari tingkat SMP dan SD yang sudah masuk nominasi. "Besok penilaian akhir, kemudian guru yang menjadi juara akan menerima sertifikat," ujarnya seraya mengatakan mudah-mudahan tahun berikuatnya ada perhatian pemerintah sehingga para juara bisa menerima insentif. *e

loading...

Komentar