nusabali

Sterilisasi Berlanjut, Anjing Jantan Dikebiri

  • www.nusabali.com-sterilisasi-berlanjut-anjing-jantan-dikebiri

Upaya mengendalian populasi anjing Bali dengan sterilisasi terus digencarkan Saving Buleleng Dog (SBD).

SINGARAJA, NusaBali

Sebanyak 32 ekor anjing betina dna jantan di Desa/Kecamatan Tejakula Buleleng distrerilisasi. Bahkan tidak hanya anjing betina saja yang menjalani operasi, tetapi juga anjing jantan ikut dikebiri.

Ketua SBD, Gede Sutasrayasa Senin (5/3) mengatakan upaya sterilisasi anjing Bali ini terus akan menyasar daerah-daerah rawan rabies di Buleleng. Salah satunya Desa/Kecamatan Tejakula yang menjadi daerah positif gigitan rabies awal tahun lalu. “Antusiasme masyarakat menyambut program kami sangat tinggi, mudah-mudahan seterusnya seperti ini. Sehingga upaya kita mengendalikan populasi anjing Bali tanpa harus mengeliminasi rata dapat tercapai dengan dukungan bersama,” ujar dia.

Dalam kegiatan tersebut ada 24 ekor anjing betina yang disterilisasi. Sisanya 8 anjing jantan juga dikebiri. Puluhan anjing tersebut ditangani oleh empat dokter hewan. Dalam proses strerilisasi ada hal unik. Satu anjing ditemukan mengalami kelainan jantung. Anjing itu pun terpaksa harus diinfus dan batal disterilisasi untuk memulihkan kondisinya.

Selain sterilisasi, SBD juga kedatangan ratusan ekor anjing peliharaan warga setempat. Sebanyak 115 ekor anjing peliharaan dimintakan vaksin. Jumlah tersebut pun dinyatakan meningkat dari kegiatan sebelumnya di Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula Buleleng yang hanya mencapai puluhan ekor. *k23

Komentar