nusabali

Disdik Bali Siap Rekrut Penyuluh Bahasa Bali

  • www.nusabali.com-disdik-bali-siap-rekrut-penyuluh-bahasa-bali

Sebanyak 180 orang penyuluh Bahasa Bali yang bertugas di berbagai daerah di Bali tahun ini dinyatakan kosong. Ratusan penyuluh itu disebut mengundurkan diri karena diterima bekerja di tempat lain.

SINGARAJA, NusaBali

Dinas Pendidikan Provinsi Bali yang tahun ini menaungi penyuluh Bahasa Bali segera akan melakukan perekrutan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Sesuai data aliansi penyuluh Bahasa Bali, 180 orang penyuluh yang mengundurkan diri tersebut tersebar di enam kabupaten di Bali. Tertinggi di Kabupaten Buleleng sebanyak 71 orang, menyusul di kabupaten Tabanan 54 orang, kemudian di Kabupaten Jembana 31 orang, Badung 13 orang, Bangli 9 orang dan Klungkung satu orang. Sehingga penyuluh Bahasa Bali yang kini masih tersisa hanya 536 orang.

Ketua Aliansi Penyuluh Bahasa Bali, Nyoman Suka Ardiyasa dihubungi Senin (5/3) kemarin mengatakan sebagian besar mereka mengundurkan diri karena sudah diterima bekerja di tempat lain. Kebanyakan di Kaur Desa. Sehingga saat ini banyak daerah yang masih kosong penyuluh. “Kebanyakan beralih ke perangkat desa, karena menurut mereka itu lebih menjanjikan, ya terserah mereka, kami tidak bisa memaksa,” kata Suka.

Ia pun mengaku ratusan orang penyuluh itu tidak memperpanjang kontrak yang biasanya diperpanjang setahun sekali. Sehingga mereka dianggap mengundurkan diri. Sementara itu Kepala Disdikpora Bali, Tjok Istri Agung Kusuma Wardani yang ditemui belum lama ini di gedung DPRD Buleleng mengaku segera memetakan kekurangan penyuluh yang tahun ini dilimpahkan ke Disdikpora.

“Segera akan diisi, semakin cepat semakin bagus. Ini kan baru beralih ke Disdik tahun 2018, sebelumnya di Dinas Kebudayaan,” ungkap dia. Pihaknya pun mengklaim kekurangan penyuluh tidak banyak mempengaruhi program yang sudah berjalan tahun ini. Daerah yang ada penyuluhnya tetap melaksanakan tugas mereka sesuai dengan program. Sedangkan bagi daerah yang masih kosong akan menunggu hingga penyuluh kembali terisi dengan pelamar baru.*k23

Komentar