nusabali

Chelsea Keluar Empat Besar

  • www.nusabali.com-chelsea-keluar-empat-besar

Dua kali melawat ke Kota Manchester, dua kali juga Chelsea kalah.

Kunci Gelar, City Butuh 4 Kemenangan


MANCHESTER, NusaBali
The Blues pun kini terlempar dari posisi empat besar Premier League atau zona Liga Champions Eropa. Kegagalan itu sebagai akibat dari kegagalan Antonio Conte memasang strategi ‘parkir bus’. Kemenangan atas Chelsea mendekatkan Manchester City dengan gelar juara Premier League. City kini cuma butuh empat kemenangan lagi dalam sembilan laga tersisa untuk mengunci gelar juara.

Meski bermain ekstra defensif, Chelsea menyudahi lawatan di Etihad Stadium, Senin (5/3) dinihari Wita, dengan kekalahan 0-1. Gol kemenangan City dilesakkan Bernando Silva di awal babak kedua. Hasil itu kekalahan kedua beruntun Si Biru di Premier League. Pekan lalu mereka kalah 1-2 di Old Trafford menghadapi Manchester United (MU).

Kini Chelsea terlempar dari empat besar dan di peringkat lima klasemen sementara dengan 53 poin. Mereka berselisih lima poin dengan Tottenham Hotspur di peringkat empat. Posisi itu menjadi lampu kuning bagi Chelsea untuk bisa tampil di Liga Champions musim depan. Striker anyar Chelsea Oliver Giroud mengakui tidak mudah dua laga dengan MU dan City. Dia bersama pemain-pemain Chelsea lainnya masih memberikan dukungan penuh pada manaje Antonio Conte.

Menurut Giroud, dengan sembilan laga tersisa musim ini, kans Chelsea setidaknya finis empat besar memang masih terbuka. Apalagi beberapa tim papan atas masih akan berhadapan.

Chelsea bermain sangat defensif di markas City. Pendekatan itu disebut sebagai bentuk kejahatan terhadap sepakbola, terlebih mereka kalah. Hal itu setidaknya dirasakan dari susunan pemain yang diturunkan. Conte memilih tak memainkan penyerang murni, menurunkan trio Eden Hazard-Pedro Rodriguez-Willian jadi false nine di depan.

Susunan ini dibaca sebagai niat membuat area tengah Chelsea penuh, mengingat di lini kedua mereka memainkan empat gelandang.  Baru babak kedua Conte memasukkan Olivier Giroud dan Alvaro Morata di menit-menit akhir. Dua dari tiga percobaan Chelsea tercatat setelah masuknya penyerang.

Strategi ‘parkir bus’ mampu meredam tuan rumah. Meski City dominan dengan penguasaan bola hingga 71% dan melepaskan 13 percobaan, hanya tiga tembakan yang mengarah ke gawang Chelsea. Tapi City tetap bisa memaksimalkan kesempatan dan mendapatkan satu gol.

Conte membela taktik defensif yang dipraktikkan oleh timnya di laga melawan City. Menurut Conte, inilah satu-satunya cara agar Chelsea tak dihajar seperti Arsenal.

Parkir bus Chelsea memang menyulitkan City dalam mengkreasikan peluang. Tapi, City sejak awal tahu harus bersabar ketika menghadapi lawannya itu.  Gelandang City, David Silva tahu harus bersabar karena lawan menutup ruang dengan sangat baik. *

Komentar