nusabali

Imunisasi JE, Puskesmas Abang II Sasar 37 SD dan 4 SMP

  • www.nusabali.com-imunisasi-je-puskesmas-abang-ii-sasar-37-sd-dan-4-smp

Petugas Puskesmas Abang II, Kecamatan Abang, Karangasem menggelar imunisasi JE (Japanese Encephalitis) menyasar 37 SD dan 4 SMP di 6 desa.

AMLAPURA, NusaBali
Pada Kamis (8/3), imunisasi JE digelar di 3 SD kawasan Desa Datah. Sasarannya 145 siswa. Kegiatan ini dipimpin Luh Suriatni dibantu 7 petugas.  Ketiga SD jadi sasaran imunisasi JE yakni SDN 1 Datah, SDN 4 Datah, dan SDN 7 Datah. Jumlah SD di Desa Datah sebanyak 9 sekolah. Sasaran berikutnya 6 SD di Desa Datah, 3 SD di Desa Culik, 4 SD di Desa Purwekerti, 3 SD di Desa Kerta Mandala, 4 SD di Desa Labasari, dan 8 SD di Desa Bunutan. Sementara sasaran SMP yakni SMPN 1 Abang, SMPN 3 Abang, SMP Satu Atap Desa Datah, dan SMP Satu Atap Desa Bunutan.

Sebelum melakukan imunisasi, petugas dari Puskesmas Abang II melakukan sosialisasi tentang virus penyebab JE. Sehingga perlunya melakukan imunisasi untuk anak-anak usia 9 bulan sampai umur di bawah 15 tahun.

Dikatakan, JE disebabkan gigitan nyamuk Culex. Penderitanya mengalami demam, panas, dan kekebalan tubuh menurun. Sampai saat ini belum ada obatnya. Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengapresiasi pelaksanaan imunisasi JE secara serentak oleh 12 Puskesmas di Karangasem. Ia optimis, target selama Maret 2018 tuntas menyasar seluruh siswa PAUD, TK, SD, dan SMP.  Imunisasi tahap II digelar pada bulan April 2018. “Kami optimis mampu menyasar 95 persen dari jumlah anak (105.174 anak) yang jadi target imunisasi JE,” kata I Gusti Bagus Putra Pertama. *k16

loading...

Komentar