nusabali

Pasar Pesangkan Diperluas

  • www.nusabali.com-pasar-pesangkan-diperluas

Desa Pakraman Duda, Kecamatan Selat, Karangasem memperluas bangunan Pasar Pesangkan. Penyebabnya, bangunan gedung yang telah dituntaskan tidak mampu menampung 358 pedagang.

AMLAPURA, NusaBali
Sehingga Desa Pakraman Duda tambah 118 kios lagi di sekeliling gedung. Perluasan pembangunan Pasar Pesangkan bekerjasama dengan LPD Desa Pakraman Duda.  Bendesa Adat Duda, I Komang Sujana, mengatakan Pasar Pesangkan di Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur dibongkar total dengan biaya dana alokasi khusus (DAK) Rp 5,667 miliar. Pengerjaannya dimulai 15 Agustus-20 Desember 2017. Setelah bangunannya tuntas, dilakukan serah terima antara rekanan dengan Pemkab Karangasem. Bangunan itu mundur 12 meter dari jalan raya disediakan untuk parkir. Setelah diujicoba, banyak pedagang kesulitan melakukan kegiatan di dalam gedung yang pembagian ruang tempat jualan relatif sempit.

Maka lahan kosong di sisi timur dan barat gedung dibangun kios-kios untuk menampung 118 pedagang lainnya dengan biaya Rp 238 juta. “Pedagang yang menempati kios bisa memiliki kios itu seharga Rp 3 juta. Pembayarannya bisa tunai atau kredit,” jelas Komang Sujana, Jumat (9/3). Sedangkan di belakang gedung pasar yang selama ini untuk pedagang buah salak, rencananya dibangun bale los. Sehingga semua pedagang tertampung dan pengendara leluasa bisa parkir.

Sekretaris LPD Desa Pakraman Duda, Ida Bagus Gede Suyasa, membenarkan melakukan kerjasama dengan Desa Pakraman Duda yang memperluas bangunan pasar. “Sudah ada perjanjian, tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyediakan fasilitas pasar yang lebih memadai,” kata IB Suyasa. Sedangkan Perbekel Desa Duda, I Gusti Agung Ngurah Putra, yang juga pengawas LPD Desa Pakraman Duda membenarkan ada kerjasama itu. “Bentuk kerjasamanya LPD membiayai pembangunan, nantinya pedagang yang mengembalikan, bisa tunai bisa juga dikredit,” jelas Ngurah Putra. *k16

loading...

Komentar