nusabali

Serba Teknologi dan Internet, Cara SMK Penerbangan Cakra Nusantara Songsong Revolusi Industri 4.0

  • www.nusabali.com-serba-teknologi-dan-internet-cara-smk-penerbangan-cakra-nusantara-songsong-revolusi-industri-40

Dunia kini memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang diwarnai dengan serba digital, era super komputer, dan teknologi yang semakin canggih. 

DENPASAR, NusaBali
Jika tidak mempersiapkan diri dalam menghadapi kebangkitan baru di era industri ini, maka bersiap-siaplah digilas oleh kemajuan zaman dan tidak mampu bersaing. Terlebih lagi, industri penerbangan menjadi salah satu industri yang menjanjikan di era transportasi yang semakin maju. 

Karena itu, SMK Penerbangan Cakra Nusantara tidak mau ketinggalan. Berbagai inovasi dilakukan untuk menyambut era Revolusi Industri 4.0. Ada empat prinsip yang telah diterapkan SMK Penerbangan Cakra Nusantara dalam menyongsong Industri 4.0. Empat prinsip itu diantaranya interoperabilitas yakni kemampuan terhubung Internet, keterbukaan informasi (salinan virtual dan data sensor), technical assistence (bantuan teknis), dan decentralized decisions. Sehingga, siswa tidak hanya paham dunia usaha dan dunia industri, namun juga berwawasan internasional seperti apa yang menjadi tujuan utama sekolah ini. 

SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah mengimplementasikan hal tersebut ke dalam sistem proses pembelajaran maupun system output, melalui website www.smkpenerbangan.sch.id, www.koperasisekolah.co.id, www.pedulipendidikan.org, www.sanggartaribali.com, dan www.bursakerjapenerbangan.com. Implementasi yang telah diterapkan diantaranya e-learning, teleconference, system koordinasi internal, bursa kerja khusus online, koperasi sekolah online, serta Penerimaan PPDB online.

Tidak hanya itu, dalam proses pembelajaran, SMK Penerbangan Cakra Nusantara secara keseluruhan mengacu pada industry 4.0. Pembelajaran yang menggunakan pola 70 persen praktek dan 30 persen teori ini fokus menggunakan teknologi terkini dan internet baik teori dan praktek. Bahkan untuk praktek menggunakan simulator dengan teknologi terupdate dan pesawat komersil. Praktek tidak saja dilakukan di bandara provinsi Bali, namun juga di bandara dan maskapai yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara menyediakan empat jenis jurusan, diantaranya Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (Bandara), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics), serta jurusan Teknik Transmisi dan Telekomunikasi (Penerbangan). Sekolah ini fokus membentuk lulusan yang memiliki kinerja yang terbaik, serta berkomitmen membentuk sekolah berbasis industri. 

Jadi, tunggu apalagi. Segera bergabung bersama kami di SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Kami beralamat di Jalan Drupadi No 27 Denpasar. Bersama SMK Penerbangan Cakra Nusantara, kita wujudkan SDM yang unggul, tangguh dan mandiri. Untuk informasi lebih lanjut hubungi (0361) 4742600.

loading...

Komentar