nusabali

549 Personel Polres Jembrana Kawal 528 Ogoh-ogoh

  • www.nusabali.com-549-personel-polres-jembrana-kawal-528-ogoh-ogoh

Personel Polres Jembrana selain mengawal rangkaian Hari Raya Nyepi, juga tetap siaga untuk Operasi Mantap Praja terkait Pilgub Bali 2018 dan Operasi Keselamatan Agung.

NEGARA, NusaBali
Polres Jembrana menyiapkan sebanyak 549 personel untuk pengamanan rangkaian Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940. Salah satu fokus ratusan personel tersebut adalah mengawal pawai ogoh-ogoh saat Pangerupukan, Jumat (16/3), yang sementara terdata ada sebanyak 528 ogoh-ogoh se-Kabupaten Jembrana bakal diarak.

Kabag Ops Polres Jembrana Kompol M Didik Wiratmoko, menyatakan sebanyak 528 ogoh-ogoh se-Jembrana yang telah terdata, dan tidak menutup kemungkinan bertambah. Sebab para Bhabinkamtibmas serta masing-masing Polsek se-Jembrana, juga masih melakukan pendataaan ulang. Data tersebut  akan diminta paling lambat sudah komplet datanya pada Selasa (13/3), atau tiga hari sebelum Pangerupukan. “Masih data sementara. Tetapi kalau personel, sudah pasti 549 orang,” kata Kompol Didik, Minggu (11/3).

Sebanyak 549 personel yang disiapkan dari Polres termasuk masing-masing wilayah Polsek se-Jembrana itu, juga akan mencakup pengamanan berbagai kegiatan serangkaian Nyepi. Baik untuk pengamanan saat Melasti yang akan dilaksanakan di 12 titik pantai pada Rabu (14/3) serta di 2 titik pantai pada Kamis (15/3), hingga Ngembak Gni, Minggu (18/2).  Namun yang paling utama menjadi fokus, tetap saat Pangerupukan, Jumat (16/3). Sebab selain pawai ogoh-ogoh di masing-masing banjar adat maupun desa pakraman, juga ada lomba ogoh-ogoh di kabupaten.

“Khusus hari H Nyepi, Sabtu (17/3), personel juga tetap disiapkan di Polres dan masing-masing Polsek. Tetapi yang kami standby-kan, khusus anggota yang non Hindu,” ujarnya.

Selain rangkaian Nyepi tersebut, pihaknya juga tetap menyiagakan personel untuk pengamanan serangkaian Operasi Mantap Praja berkenaan pelaksanaan Pilgub Bali 2018. Kantor KPU Jembrana, Panwaslu Jembrana, termasuk Posko Operasi Mantap Praja di Mapolres Jembrana, dipastikan tetap akan dijaga, termasuk ketika hari H Nyepi nanti.

“Sebenarnya untuk 549 personel yang kami siapkan serangkaian Nyepi itu, sudah kekuatan full. Karena dari total 900 personel yang kami miliki, sisa di luar yang 549 personel untuk rangkaian Nyepi itu, juga sudah terbagi untuk beberapa kegiatan operasi, baik Operasi Mantap Praja maupun Operasi Keselamatan Agung. Semua personel all out karena operasi juga numpuk,” tutur Kompol Didik. *ode

loading...

Komentar