nusabali

Kabel PLN Terbakar, Warga Sangkaragung Waswas Api Merembet ke Pemukiman

  • www.nusabali.com-kabel-pln-terbakar-warga-sangkaragung-waswas-api-merembet-ke-pemukiman

Warga seputaran Lingkungan/Kelurahan Sangkaragung, Kecamatan/Kabupaten Jembrana, heboh akibat kabel PLN terbakar, Minggu (11/3) siang.

NEGARA, NusaBali

Api yang menjalar di kabel membuat khawatir warga sekitar, karena dekat kawasan pemukiman. Berdasar informasi, kebakaran kabel di Jalan Sungai Berantas, Sangkaragung, tersebut pertama kali dilihat warga yang melintas pada sekitar pukul 13.00 Wita. Saat itu api sudah merembet di kabel dan mendekati atap gasebo di depan toko bangunan milik warga setempat. Peristiwa ini langsung dikabarkan kepada sang pemilik toko bangunan, yang lanjut melapor ke Posko Induk Pemadam Kebakaran Satpol PP Jembrana.

Menerima laporan tersebut, 3 unit mobil pemadam kebakaran langusng diterjunkan ke TKP. Tetapi karena kabel yang terbakar itu juga banyak terpasang kabel lain, petugas tidak langsung melakukan pemadaman dengan menyemprotkan air. Tetapi petugas sengaja naik ke atas mobil, dan melakukan pemadaman dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Setelah hampir 30 menit dilakukan penanganan, api di kabel itu berhasil dipadamkan.

“Kabel yang terbakar ada panjang 2 meter, dan sudah dikoordinasikan ke PLN,” ujar Kabid Linmas Satpol PP Jembrana I Putu Pranajaya. Sementara Supervisor PLN Rayon Negara I Nyoman Sura, dikonfirmasi secara terpisah, Minggu kemarin, membenarkan kalau kabel yang terbakar tersebut memang milik PLN dengan keadaan aktif. Pihaknya memperkirakan, kebakaran kabel itu terjadi karena usia kabel, dan banyaknya sambungan kabel listrik lain pada kabel tersebut. “Ya di kabel itu kan ada sambung-sambungannya. Di samping kemungkin karena usia, lama tidak pernah diganti,” katanya.

Terkait kerusakan kabel yang terbakar tersebut, sudah langsung diganti Minggu kemarin. Menurutnya, total panjang kabel yang harus diganti akibat terbakar itu, mencapai sepanjang 5 meter. “Ya yang kelihatan terbakar mungkin sekitar 2 meter, tetpi karena ada bekas-bekas terbakar, untuk keamanan kami ganti sepanjang 5 meter. Sementara, juga sudah kami lokalisir kabel yang kami ganti ini, sehingga tidak sampai ada pemadaman listrik.  Dan malam ini (Minggu malam) diperkirakan sudah selesai dipasang,” ujarnya. *ode

loading...

Komentar