nusabali

Jenis Sampah Kiriman dan Sesaat

  • www.nusabali.com-jenis-sampah-kiriman-dan-sesaat

‘’Terkait video viral tersebut, menurut perkiraan kami sampah itu datang dari luar Pulau Nusa Penida’’.

Sampah di Perairan Manta Point Viral di Medsos


SEMARAPURA, NusaBali
Sebuah unggahan video di media sosial (facebook) dengan keterangan di perairan Pantai Manta Point di Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, viral di dunia maya. Kondisi ini dikhawatirkan berimbas buruk kepada sektor pariwisata Nusa Penida. Oleh sebab itu jajaran Polres Klungkung, bersama UPT Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Nusa Penida, bersama masyarakat turun mengecek kondisi keberadaan sampah tersebut langsung ke pariran Manta Point. Pengecekan dilakukan beberapa kali, pertama pada Kamis (8/3) lalu dan Senin (12/3).

Dalam kesempatan itu juga mengajak wisatawan asing yang kebetulan beraktivitas menyelam di perarian Manta Point. Petugas pun tidak menemukan tumpukan sampah seperti yang viral di medsos, malah sebaliknya Perairan Manta Point nampak bersih. Wisatawan pun terlihat asik menikmati panorama bawah laut.

Diperkirakan sampah tersebut merupakan sampah kiriman dari wilayah lain, kemudian kebetulan singgah beberapa saat di perairan Nusa Penida. “Terkait video viral tersebut, menurut perkiraan kami sampah itu datang dari luar Pulau Nusa Penida,” ujar Kepala UPT KKP Nusa Penida I Nyoman Karyawan.

Kata dia, pada Januari-Maret 2018, kondisi air pasang terlalu tinggi termasuk curah hujan juga lebat. Perputaran arus di Nusa Penida juga menyebabkan sampah dari luar juga masuk ke Nusa Penida. Karena arusnya sangat keras maka sampah itu singgah sebentar kemudiang lewat lagi. “Sehingga ketika kami survei ke sana sampah tidak kami temukan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu petugas juga meminta tanggapan dua wisatawan asal Belanda Arnold dan Herina yang baru selesai melakukan kegiatan snorkeling. Warga asing tersebut menyatakan bahwa saat melakukan snorkeling di Perairan Manta Point tidak ada menemukan sampah plastik dan yang bersangkutan sempat melihat tujuh ekor ikan Manta berenang dengan bebas.

Kapolres Klungkung AKBP Bambang Tertianto mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan guna mengetahui situasi dan kondisi yang sebenarnya di wilayah Perairan Spot Peneyelaman Manta Point Nusa Penida. Ternyata perairan tersebut saat ini bersih, tidak ada tumpukan sampah, seperti yang  ada di media sosial. ‘’Kami juga sampai menyelam untuk mengetahui apakah ada sampah di dasar laut, ternyata juga tidak ada, semuanya bersih.

Di samping itu juga kami turun kesana guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan yang melaksanakan penyeleman ditempat wisata tersebut, sambil mengimbau mereka agar lebih berhati-hati,” jelas Kapolres Klungkung.  Kapolres meminta kepada para wisatawan domestik maupun mancanegara, jangan ragu untuk datang ke Nusa Penida dan berenang di perairan Manta point, semuanya masih asri, indah dan bersih.*wan

loading...

Komentar