nusabali

KPU Gelar 3 Kali Debat Pilgub Bali

  • www.nusabali.com-kpu-gelar-3-kali-debat-pilgub-bali

Debat akan dilaksanakan sebanyak 3 kali, yakni 26 April, 26 Mei, 23 Juni 2018. Tempatnya bisa di hotel atau di gedung pemerintah.

KPU Bali Kirim Tim Pelajari Debat Kandidat Pilgub Jabar


DENPASAR, NusaBali
KPU Bali bakal siapkan ‘arena’ debat Cagub-Cawagub Bali 2018 untuk 3 kali debat. KPU Bali akan segera rapat dengan Tim Kampanye Pasangan Calon (Paslon) dan akademisi dari sejumlah perguruan tinggi (PT) di Bali untuk membahas teknis debat calon dan aspek yang akan menjadi materi debat.

ketua KPU Bali, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandhi, Selasa (13/3) mengatakan tahapan Pilkada serentak baik Pilgub Bali maupun Pilkada di Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Klungkung memang acara debat paling menarik. Sebab disana akan diuji visi-misi para kandidat. Untuk Pilgub Bali 2018 akan dilaksanakan debat sebanyak 3 kali, yakni pada 26 April, 26 Mei, dan 23 Juni 2018.

“Kami akan gelar sebanyak 3 kali acara debat paslon. Tempatnya belum kita tetapkan,” ujar Raka Sandhi. Kata Raka Sandhi, KPU Bali sendiri sudah mengutus Divisi Sosialisasi KPU Bali untuk terbang ke Jawa Barat (Jabar), guna memantau sekaligus mencari tahu pola debat paslon di Jabar. “Kemungkinan bisa kita pakai acuan ketika menggelar debat di Bali. Gambaran umumnya seperti apa, kami sudah kantongi,” ujar alumni Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta ini.

Debat Cagub-Cawagub Jabar digelar, Senin (12/3) malam dan disiarkan stasiun televisi nasional. KPU Bali sendiri masih akan membahas soal penayangan debat Cagub-Cawagub di Bali.

“Kalau anggarannya cukup kita pakai televisi nasional. Kalau anggaran tidak mencukupi ya kita pakai yang lokal. Kami akan bahas segera dengan Tim Paslon,” ujar Raka Sandhi. Raka Sandhi menegaskan debat nanti tentu akan menjadi acuan masyarakat menentukan pilihan, karena dalam debat akan disampaikan visi-misi calon.

“Kita akan upayakan debat ini bisa diketahui masyarakat, sehingga visi- misi kedua paslon disimak masyarakat. Kami mohon dukungan masyarakat supaya acara debat berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Raka Sandhi. Sementara Komisioner KPU Bali Divisi Perencanaan, Keuangan dan Logistik, I Wayan Jondra secara terpisah mengatakan pola debat, berapa pendukung yang akan dilibatkan masuk ke dalam acara debat akan dibahas bersama Tim Kampanye Paslon. Demikian juga dengan materi, panelis siapa saja akan menjadi panelis akan diatur dan dibahas lagi. “Belum sampai pada pembahasan siapa panelisnya. Karena kami baru akan agendakan rapat nanti melibatkan Tim Paslon dan Akademisi dari perguruan tinggi. Jadi masih dijadwalkan,” ujar Jondra.

Jondra mengatakan debat sudah pasti akan dilaksanakan sebanyak 3 kali, yakni 26 April, 26 Mei, 23 Juni 2018. Tempatnya bisa di hotel dan bisa di gedung pemerintah. “Kita sesuai dengan anggaran saja. Bisa sewa di Gedung Pemerintah Provinsi Bali. Yang penting bisa berjalan sesuai dengan agenda,” ujar Jondra.

Cagub-Cawagub yang akan debat nanti adalah Paslon Nomor 1 Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace) yang diusung PDI Perjuangan, PAN,PKPI, Hanura, PPP, PKB. Sementara paslon nomor 2 adalah Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra- I Ketut Sudikerta yang diusung Golkar, Demokrat, Gerindra, NasDem, PKS, PBB. *nat

loading...

Komentar