nusabali

PHDI Buleleng Gelar Lomba Pengetahuan Seni dan Budaya

  • www.nusabali.com-phdi-buleleng-gelar-lomba-pengetahuan-seni-dan-budaya

PHDI Buleleng menggalakan kepedulian anak-anak terhadap seni dan budaya, melalui lomba pengetahuan seni dan budaya Bali.

SINGARAJA, NusaBali
Lomba melibatkan peserta tingkat Sekolah Dasar (SD), Selasa (13/3), dipusatkan di Wantilan Pura Agung Jagatnatha, Jalan Pramuka, Kota Singaraja.

Kepala Bagian Kesejahtraan Masyarakat (Kesra) Setda Kabupaten Buleleng Putu Suryani, mewakili Bupati mengatakan, lomba pengetahuan seni dan budaya ini dilaksanakan untuk merangsang anak - anak pelajar khususnya anak-anak SD agar lebih mencintai seni dan budaya Hindu. Seni dan budaya ini telah diwariskan oleh para leluhur secara turun-temurun. “Lomba pengetahuan seni dan budaya hindu ini, kami harapkan bisa merangsang adrenaline anak-anak sekolah dasar untuk peduli dengan pelestarian seni dan budaya Buleleng khususnya dan Bali pada umumnya," katanya.

Ketua PHDI Buleleng Dewa Nyoman Suardana, mengatakan pelaksanaan lomba pengetahuan seni dan budaya Hindu ini diikuti 195 peserta yang terbagi dari 15 Gugus di Buleleng. Seni dan budaya yang dilombakan meliputi lomba menulis Aksara Bali, lomba Pidarta Bahasa Bali, lomba membuat tipat, lomba Busana Adat ke pura dam lomba cerdas cermat.

Suardana menjelaskan, dalam lomba ini pihaknya sering mengarahkan kepada para pemuda dan pemudi di masing-masing desa pakraman di Buleleng untuk ikut melaksanakan lonba. “Lomba ini sering kami lakukan serangakain peringatan HUT Kota Singaraja dan lomba ini juga kami gelar secara rutin,” katanya.*k19

Komentar