nusabali

KPU Bahas Desain Surat Suara Pemilu Bareng Parpol

  • www.nusabali.com-kpu-bahas-desain-surat-suara-pemilu-bareng-parpol

KPU mulai mempersiapkan desain surat suara Pemilu 2019.

JAKARTA, NusaBali
Persiapan ini dimulai dari penyesuaian nama dan tanda gambar parpol pada desain surat suara.  Pembahasan persiapan desain surat suara ini dilakukan KPU dengan mengundang perwakilan seluruh parpol peserta Pemilu 2019. KPU membahas penyesuaian warna logo partai pada surat suara.

"Surat suara merupakan alat atau sarana pemilih mengekspresikan suaranya dan partai politik (melalui surat suara) ingin menunjukan dirinya pada pemilih, makannya kami ingin sinkronisasi agar sesuai," ujar anggota KPU Hasyim Asy'ari, di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (13/3). KPU menurut Hasyim perlu menyesuaikan warna logo dan tanda gambar parpol saat mendesain surat suara. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi perbedaan warna sebelum dan sesudah dicetak.

"Supaya apa ketika KPU melakukan desain itu sudah sesuai dengan yang dimiliki oleh partai terutama itu untuk kepentingan desain surat suara," kata Hasyim dilansir detik.com. "Permasalahan terjadi antara dua sisi, yang pertama soal perbedaan warna lambang yang biasanya tidak ada nomor seri warna apa, dan perbedaan pada saat dicetak, maka penting nanti untuk disamakan," sambungnya. Nantinya, untuk menyamakan warna dalam logo surat suara parpol peserta pemilu diharuskan menyerahkan soft file gambar partai. Dilanjutkan dengan mengisi surat pernyataan spesifikasi warna yang ditandatangani oleh penanggung jawab.

"Partai menyerahkan tanda gambar partai dalam bentuk soft file yang akan digunakan pada desain surat suara dalam format vector (coreldraw/ adobe Illustrator), mengisi surat pernyataan yang berisi tanda gambar partai, spesifikasi teknis warna (CMYK) yang ditandatangani oleh penanggung jawab partai diatas materai Rp 6.000," tutur Hasyim. Setelah partai menyerahkan data tersebut, KPU akan melakukan pengecekan kesesuaian isi surat pernyataan.

"Finalisasi desain tanda gambar partai yang akan digunakan pada desain surat suara setelah berkonsultasi langsung dengan pihak KPU. KPU nantinya akan melakukan pengecekan isi dari surat pernyataan," kata Hasyim. *

loading...

Komentar