nusabali

Akses Menuju Laut Pasir Terputus

  • www.nusabali.com-akses-menuju-laut-pasir-terputus

Jalur Wisata Bromo Longsor

JAKARTA, NusaBali

Jalur wisata Gunung Bromo tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor akibat longsor di jalur menuju lautan pasir Bromo di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (18/3).

Kasi Tengger Laut Pasir Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Subur mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari kemarin. Tebing longsor berada sesudah pintu masuk atau tiket Cemorolawang. Material longsor cukup tebal sehingga kendaraan bermotor, baik jip dan sepeda motor tak bisa melintas.

Longsor yang melanda jalur menuju laut pasir bromo, membuat akses sedikit tersendat. Namun demikian, pengunjung masih bisa menikmati keindahan gunung eksotis di pulau jawa itu dengan melalui jalur alternatif.

Jalur alternatif yang disediakan merupakan jalan setapak yang biasa dilalui oleh masyarakat setempat. Lebarnyanya hanya satu meter saja. Namun masih bisa dilewati oleh kuda, dan pejalan kaki.

Pengunjung terpaksa memilih jalur alternatif karena beralasan sudah terlanjur sampai di cemoro lawang, Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Hal serupa, juga dikatakan oleh Mirtha, wisatawan asal Mojokerto. Perempuan berhijab itu tak mau kehilangan momen menikmati keindahan Bromo hanya karena longsor."Meski Longsor, saya tetap ke luatan pasir Bromo. Itu ada jalur alternatif meskipun sempit, tidak apa-apa terlanjur sampai ke sini. Masa mau balik," ujar Mirtha. *

Komentar