nusabali

Grand Master Catur Jadi Wakil Ketua DPR

  • www.nusabali.com-grand-master-catur-jadi-wakil-ketua-dpr

PDIP resmi memilih nama untuk pimpinan baru DPR dan MPR. Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri memilih Utut Adianto sebagai Wakil Ketua DPR yang baru dan Ahmad Basarah untuk pimpinan MPR setelah UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) hasil revisi berlaku.

JAKARTA, NusaBali
Utut Adianto sebelum terjun ke dunia politik adalah seorang Grand Master Catur. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkap soal pilihan Megawati itu. Kedua nama tersebut memang sudah lama disebut-sebut menjadi pimpinan baru di DPR dan MPR. "Dengan adanya representasi PDIP, baik di MPR maupun DPR RI, maka hal tersebut mencerminkan kesesuaian aspirasi antara suara rakyat yang memberi kepercayaan pada PDIP sebagai pemenang Pemilu tahun 2014 dengan representasi susunan dan komposisi pimpinan kedua lembaga negara tersebut," ujar Hasto, Senin (19/3). PDIP mendapat jatah kursi pimpinan DPR dan MPR setelah empat tahun periode DPR ini berjalan. Itu setelah adanya revisi UU MD3. Dengan adanya representasi PDIP di pimpinan DPR dan MPR, kata Hasto, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meningkatkan konsolidasi politiknya.

Sementara pasca ditunjuk, UtutAdianto pun menyerahkan surat penugasannya ke pimpinan DPR yang diterima langsung oleh sang ketua, Bambang Soesatyo (Bamsoet). "Terimakasih kepada PDIP yang dengan segera mengirim kader terbaiknya, yaitu Pak Utut ya, dan untuk MPR itu Pak Basarah. Ya (ditandatangani tertanggal hari ini dan kami terima hari ini," kata Ketua DPR, Bamsoet di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin kemarin dilansir detik.com.

Sementara itu, Utut menyatakan dirinya akan mengemban tugas sebagai Wakil Ketua DPR dengan sebaik-baiknya. Hanya saja dia mengaku belum mengetahui akan bertugas pada bidang apa dalam penugasan di pimpinan DPR itu. "Ya ini tugas yang diberikan memang tentu harus saya jawab dengan sebaik-baiknya," sebut Utut dalam kesempatan yang sama.

Sebelum terjun ke dunia politik, Utut Adianto adalah salah seorang pecatur terbaik di Indonesia. Saat meraih gelar grandmaster, pria kelahiran Jakarta 16 Maret 1965 ini adalah pecatur Indonesia termuda yang berhasil mencapai prestasi tersebut, yaitu pada usia 21 tahun. Setelah puluhan tahun menggeluti dunia catur, Utut kemudian aktif di dunia politik. Ia mulai menjadi anggota DPR sejak periode 2009-2014. Utut berasal dari daerah pemilihan Jawa Tengah VII. Sebelum ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPR, Utut menjabat Ketua Fraksi PDIP di DPR. *

Komentar