nusabali

Jelang OSN, Disdikpora Bina 162 Siswa

  • www.nusabali.com-jelang-osn-disdikpora-bina-162-siswa

Sebanyak 162 siswa pintar se-Karangasem menjalani pembinaan jelang pelaksanaan OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat SMP/MTs Kabupaten Karangasem di SMPN 2 Amlapura, Sabtu (24/3).

AMLAPURA, NusaBali
Seleksi dilaksanakan untuk merekrut wakil Karangasem untuk OSN tingkat Provinsi Bali 2018. Ada 9 siswa yang akan terpilih sebagai duta Karangasem.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Wayan Sarya, mengungkapkan ada tiga mata pelajaran yang akan dilombakan yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu pengetahuan Sosial (IPS), dan Matematika. Tiap mata pelajaran diikuti 54 siswa dari 54 sekolah. Tiap mata pelajaran dimunculkan tiga pemenang sebagai wakil Karangasem di OSN Provinsi Bali. “Kami pilih 9 siswa untuk berlaga di OSN Provinsi Bali yang diselenggarakan pada tanggal 21 April 2018,” terang Wayan Sarya, Senin (19/3).

Wayan Sarya mengungkapkan, pembinaan lebih awal dilaksanakan agar hasilnya lebih berkualitas. Sebab Disdikpora Karangasem targetkan meloloskan peserta ke OSN tingkat Nasional. Sebab, siswa yang berprestasi di OSN tingkat Nasional akan direkrut sebagai siswa SMA Taruna Nusantara di Magelang. “Selama ini peserta dari Karangasem diperhitungkan kabupaten lain, makanya optimis menang,” jelas Wayan Sarya.

Terpisah, Kepala SMPN 2 Rendang, Ketut Suparjana, menargetkan memenangkan dua nomor lomba mata pelajaran di OSN kabupaten. “Kami target menang pada mata pelajaran Matematika dan IPA. Kami telah persiapkan anak-anak yang akan ikut OSN,” jelas Suparjana. Kepala SMPN 5 Kubu, Ni Luh Putu Srie Eka Melani, tak mau kalah untuk bersaing dengan menyertakan tiga siswa pintar di OSN nanti. Meski dari sekolah pinggiran, Srie Eka Melani meyakini siswanya mampu mengukir prestasi OSN. *k16

Komentar