nusabali

Kadek Anny dkk Tetap Rayakan Nyepi di Jepang

  • www.nusabali.com-kadek-anny-dkk-tetap-rayakan-nyepi-di-jepang

Pejudo Bali di Pelatnas Asian Games 2018 Ni Kadek Anny Pandini merayakan Hari Raya Nyepi jauh dari keluarga.

JAKARTA, NusaBali

Peraih medali emas SEA Games 2015 di kelas -57 kg ini menjalani training camp (TC) di Universitas Tenri, Jepang sejak 3 Maret lalu. Ia merayakannya bersaa tiga rekannya sesama atlet dan seorang pelatih.

"Memang sedih merayakan hari raya jauh dari keluarga, tapi ini tugas negara dan demi Merah Putih. Lagipula bukan baru kali ini saya merayakan hari raya tidak bersama keluarga," ujar Anny melalui pesan elektroniknya.

Tahun sebelumnya Anny juga tidak di Bali. Saat itu, ia di Bandung, Jawa Barat untuk persiapan SEA Games 2017 di Malaysia. Walau menjalani latihan, Anny menyempatkan diri merayakan hari raya Nyepi di Universitas Tenri, Jepang.

"Sebagai bentuk penghormatan, khusus pejudo beragama Hindu mendapat libur satu hari saat perayaan hari Raya Nyepi pada Sabtu (17/3). Karena Minggu libur, saya merayakan Hari Nyepi mendapat libur dua hari," jelas Anny.

Selain Anny, ada pejudo Gede Ganding Kalbu Soethama, I Made Adhi Putra Suardana, I Dewa Ayu Mira Widari dan satu pelatih Ni Made Suyudani. Di Universitas Tenri, pejudo Indonesia menempati satu lantai. Anny dan pejudo Bali lainnya melakukan Catur Brata di kamar masing-masing.

"Sebelum jam enam pagi, kami sahur bersama-sama untuk puasa. Kami tidak menggunakan pakaian khas Bali, tetapi memakai baju biasa saja saat merayakan Nyepi di kamar masing-masing. Saya pun sudah mengucapkan selamat Nyepi kepada keluarga di Bali," kata Anny.

Anny pun mendapat ucapan dari pejudo dan pelatih Indonesia lainnya. Mereka juga sangat menghormati ketika Anny dkk melaksanakan Nyepi di kamar dengan tidak berisik ketika melintas. *k22

Komentar