nusabali

Pesawat Latih Jatuh di Cilacap, Pilot Tewas

  • www.nusabali.com-pesawat-latih-jatuh-di-cilacap-pilot-tewas

Sebuah pesawat latih tipe Decatlon jatuh di Bandara Tunggul Wulung pukul 15.15 WIB, Selasa (20/3).

CILACAP, NusaBali

Pilot pesawat dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut. Pesawat tersebut sedang melakukan latihan untuk persiapan wisuda penerbang."Setelah melakukan satu kali penerbangan latih, ketika manuver akrobatik berputar dengan nose pesawat di bawah, terlihat tidak dapat melakukan recover kembali. Pesawat melakukan latihan untuk persiapan wisuda penerbang Flying Scholl Genesa," kata Kabag Humas Kemenhub Baitul Ihwan seperti dilansir detik.

"Operasional bandara sendiri sudah tutup operasional jam 14.00 WIB dan sudah ada penerbitan NOTAM untuk perpanjangan jam operasi sampai dengan 16.00 WIB," lanjut Baitul Ihwan.Dilaporkan pesawat dalam kondisi rusak berat. Diketahui pesawat latih ini dipiloti oleh MJ Hanafi. Tidak ada penumpang lain di dalam pesawat tersebut.

Informasi yang didapatkan menyebutkan bahwa dalam rangka ulang tahunnya yang ke-6 dan memeriahkan HUT Kabupaten Cilacap ke-162, Genesa Flight Academy berencana menggelar wisuda batch 10 & 11 pada tanggal 24 Maret 2018 mendatang. Wisuda akan digelar di Bandara Tunggul Wulung Cilacap, diikuti 23 siswa yang lulus.

Dalam acara ini akan disuguhkan pertunjukan dirgantara atau airshow. Acara ini disebut akan menjadi pertunjukan dirgantara pertama yang digelar sekolah penerbangan swasta di Indonesia, meliputi; flypass fixed wing, flypass rotary wing (helicopter), atraksi terjun payung dan beberapa aatraksi lainnya.

Warga sekitar bandara melihat pesawat naas tersebut menabrak pesawat lainnya.Menurut warga, ada empat pesawat yang sedang melakukan latihan terbang. Tiga pesawat telah mendarat terlebih dulu. Kecelakaan terjadi pada pesawat terakhir melakukan pendaratan.

"Yang terbang ada 4 pesawat dan yang tiga sudah turun, tinggal yang satu menabrak tempat parkir pesawat, ada (pesawat) yang rusak," kata Darminto, salah satu warga setempat kepada wartawan, Selasa (20/3) petang *

Komentar