nusabali

LPJ di Besakih Banyak yang Padam

  • www.nusabali.com-lpj-di-besakih-banyak-yang-padam

Sejak 2014, puluhan lampu penerangan jalan (LPJ) di Kawasan Suci Pura Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, padam. 

Pamedek yang Tangkil Malam Hari Diminta Hati-hati 

AMLAPURA, NusaBali
Rangkaian Karya Agung Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih yang puncaknya pada Purnama Kadasa (Rabu, 23 Maret 2016), terancam terganggu karena banyak jalur tanpa lampu alias gelap. 

Sebelumnya sempat terjadi korsleting listrik pada Selasa (31 Maret 2015), salah satu gardu meledak. Akibatnya kawasan suci itu gelap. 

Kelian Desa Pakraman Besakih yang juga Ketua Panitia Karya Agung I Wayan Gunatra mengakui, masih banyak LPJ padam belum ada perbaikan. LPJ yang padam terjadi di jaba Pura Penataran Agung Besakih atau di Pura Soring Ambal-Ambal, Bencingah Agung, dan jaba Pura Basukihan, jalur jalan kembar menghubungkan Pura Manik Mas Besakih menuju Pura Bangun Sakti, Pura Goa Raja, dan Pura Banua Kawan Besakih. 

Juga di beberapa terminal VIP, Terminal Kedundung, dan sekitarnya. Jalur gelap lainnya menuju Pura Kiduling Kreteg Besakih, jalur Pura Titi Gonggang, dan Pura Pengubengan.
Pantauan di lapangan, banyak LPJ telah pecah, atau bola lampunya masih ada, tetapi filament lampu telah putus. Pamedek di malam hari kesulitan melintas terutama untuk naik atau turun anak tangga.

“Kami berharap LPJ itu segera dilakukan perbaikan atau pergantian material, agar tidak gelap lagi. Sebab, selama ini pamedek kesulitan melintas, apalagi musim hujan, banyak jalur licin,” harap Gunatra, Rabu (17/2).

Camat Rendang I Wayan Mastra juga menyayangkan, LPJ padam cukup lama dan belum ada perbaikan. “LPJ itu terbilang lama padam, hanya beberapa titik ada perbaikan terutama di terminal. Selebihnya masih gelap,” kata Wayan Mastra.

Wayan Mastra mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Karangasem agar di 2016 diprioritaskan perbaikan atau pergantian material LPJ di Kawasan Suci Besakih. “Sebab kami melihat, tidak etis di malam hari saat pamedek ramai, jalurnya gelap,” ucapnya.

Kadis Perhubungan I Wayan Sutapa mengakui, masih banyak LPJ padam di jalur Pura Besakih. “Hari ini (Rabu kemarin) petugas mulai melakukan perbaikan LPJ di jalur Pura Besakih dari Desa Menanga menuju Desa Besakih. Kalau ada LPJ yang padam, kami ganti, kalau ada yang masih bisa perbaiki kami lakukan perbaikan,” ujarnya. 7 k16

Komentar