nusabali

Cetak Lulusan Hadapi Revolusi Industri 4.0

  • www.nusabali.com-cetak-lulusan-hadapi-revolusi-industri-40

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, kembali mewisuda mahasiswanya.

Wisuda Ke-55 Undiksha

SINGARAJA, NusaBali
Sebanyak 644 orang mahasiswa dari tujuh fakultas dan Program Pascasarjana dikukuhkan pada Sabtu (24/3) lalu di acara wisuda ke-55. Mahasiswa yang diwisuda berasal dari Pendidikan Doktor (2 orang), Pendidikan Magister (143), Pendidikan Sarjana (489) dan Pendidikan Ahli Madya (10).

Rektor Undiksha Singaraja, Dr I Nyoman Jampel MPd ditemui sebelum mewisuda mahasiswanya mengatakan tahun ini merupakan tahun dengan persiapan dan penyempurnaan pola pendidikan. Pihaknya pun mengatakan di tahun 2018 ini, mahasiswa Undiksha semakin dimatangkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0 yang merupakan persaingan teknologi sebebas-bebasnya.

Di era revolusi industri yang sangat ‘kacau’ ini, Jampel mengatakan telah mempersiapkan mahasiswanya untuk mengikuti arus perubahan. Seperti penjabaran kurikulum berlandaskan kompetensi yang saat ini sedang disempurnakan lagi.

“Dengan adanya revolusi industri 4.0  tidak bisa dihindari, dan harus dijawab. Undiksha sudah berbenah dengan reorientasi kurikulum yang menyiapkan mahasiswanya sebagai lulusan multi kompetensi baik skill dan soft skill,” kata dia.

Persiapan menghadapi revolusi industri 4.0 ini menurutnya mahasiswa di masing-masing jurusan tidak hanya dapat mengambil perkuliahan sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari. Tetapi juga dapat mengambil mata kuliah di jurusan lain.

Selain itu dalam revolusi industri 4.0 dengan pendekatan eutagogi, mahasiswa diberikan kebebaskan untuk mendesain sendiri pembelajarannya. Hal tersebut menurut Jampel juga akan diimbangi dengan pemenuhan sarana prasana, dengan penerapan 50 persen sistem online dan 50 persen tatap muka. “Tetap akan dilakukan tatap muka untuk pembentukan karakter berpikir kreatif dan inovatif, kritis dan pergaulan sosialnya,” imbuh dia.

Jempel juga menjelaskan mahasiswa yang terlahir di era revolusi industri 4.0 dilatih tidak hanya cakap dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga harus menguasai jejaring komunikasi dan kolaboratif. Sehingga setelah menuntaskan pendidikannya di Undiksha mereka benar-benar siap bersaing di dunia global dengan perkembangan industri terkini.

Undiksha sebagai lembaga pendidikan penghasil tenaga pendidikan yang sangat banyak juga siap menjawab permasalahan negera yang saat ini memang kekurangan guru berkwalitas dan profesional. Melalui mereka dapat membantu melahirkan generasi emas tahun 2045 seperti yang dicanangkan negara. *k23

Komentar