nusabali

SDN 6 Pempatan Kembali Raih Juara Umum

  • www.nusabali.com-sdn-6-pempatan-kembali-raih-juara-umum

Lomba Mata Pelajaran HUT SMPN 2 Rendang

AMLAPURA, NusaBali
Kontingen SD Negeri 6 Pempatan, Kecamatan Rendang, Karangasem kembali meraih juara umum dalam lomba mata pelajaran dan poster yang digelar dalam rangka HUT ke-26 SMPN 2 Rendang, Karangasem, Sabtu (24/3). SD 6 Pempatan keluar sebagai pengumpul skor terbanyak, dengan 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Gelar juara itu sekaligus berhasil mempertahankan yang direbut tahun lalu.

Piala bergilir dimenangkan SD Negeri 6 Pempatan, setelah meraih medali emas di mata pelajaran Matematika melalui Kadek Dwita Pradyanti skor 83, medali perak dari lomba mata pelajaran bahasa terpadu melalui Ni Komang Fajar Agus Pratiwi skor 195, dan medali perunggu dari lomba mata pelajaran IPA melalui I Wayan Karmawan skor 62.

Sedangkan empat medali emas lainnya dimenangkan: Luh Ade Sadnyani dari SDN 3 Menanga untuk lomba bahasa terpadu skor 198, Ni Komang Pratiwi Damayanti dari SDN 6 Besakih memenangkan nomor IPA skor 73, Ni Kadek Diah Metasari dari SDN 1 Rendang menang di nomor IPS skor 117, dan I Wayan Kresna Danendra dari SDN 1 Menanga menang di nomor melukis poster skor 455.

Lomba mata pelajaran dan poster tersebut diikuti siswa pintar dari SD se-Kecamatan Rendang, melibatkan 158 siswa, masing-masing: IPA sebanyak 32 siswa, IPS sebanyak 19 siswa, Matematika sebanyak 31 siswa, bahasa terpadu sebanyak 20 siswa, selebihnya dari nomor melukis poster.

Hadir di acara itu turut memotivasi seluruh siswa pintar Kadisdikpora Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, pengawas SMP Kecamatan Rendang I Wayan Darma, anggota DPRD dari Desa Pempatan I Komang Rena dari Fraksi Partai Golkar, dan segenap guru SD yang mengantar siswa.

"Lomba setidaknya untuk mengevaluasi peta kualitas pendidikan di tingkat SD di Kecamatan Rendang. Semakin banyak peserta lomba semakin meningkat persaingannya," jelas Gusti Kartika.

Anggota DPRD I Komang Rena juga memotivasi inovasi SMPN 2 Rendang, yang rutin menggelar lomba mata pelajaran setiap tahun. "Paling tidak seluruh SD yang ada, bersaing untuk memenangkan lomba. Secara tidak langsung kualitas pendidikan meningkat," kata Rena.

Salah satu pemenang lomba mata pelajaran IPS Ni Kadek Diah Metasari, merasa bangga sebagai juara jelang USBN (ujian sekolah berstandar nasional). "Biasanya saya ikut lomba IPA, kali ini mencoba ikut lomba IPS, ternyata keluar sebagai juara. Sungguh menyenangkan juga," ujar Ni Kadek Diah Metasari, siswa kelas VI SDN 1 Rendang, dari Banjar Muku, Desa Rendang.

Kasek SMPN 2 Rendang Ketut Suparjana mengatakan, secara rutin setiap tahun melaksanakan lomba mata pelajaran melibatkan siswa SD se-Kecamatan Rendang. Sehingga dari hasil lomba, diketahui kualitas pendidikan di tingkat SD. "Kami pantau, ada peningkatan kualitas di lomba tahun 2018 ini," kata Suparjana. *k16

Komentar