nusabali

DPRD Diminta Pantau Program Jokowi

  • www.nusabali.com-dprd-diminta-pantau-program-jokowi

Peranan DPRD kabupaten/kota sangat penting dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

JAKARTA, NusaBali
Oleh karena itu, mereka perlu bersinergi dengan kepala daerah setempat agar hal tersebut terwujud. Terutama dalam hal memastikan program presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pro rakyat berjalan baik.

"Asosiasi DPRD kota/kabupaten bersinergi dengan Asosiasi Walikota dan Bupati se Indonesia. Kedua-duanya melaksanakan fungsi dan tugas dalam perencanaan anggaran, termasuk memastikan program nasional presiden berjalan di daerah," ujar Mendagri di Hotel Paragon, Selasa (27/3).

Mendagri mengatakan, presiden memiliki sejumlah program nasional menjangkau daerah di seluruh Indonesia seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Anggota DPRD kabupaten/kota yang memiliki konstituen di daerah bisa memantau itu, apakah mereka mendapatkan kartu tersebut sesuai persyaratan.

Begitupula dengan kepala daerah dapat memonitornya. "Mereka bisa bersinergi memonitor tentang itu, agar program presiden Jokowi berjalan sukses di daerah. Lalu mereka juga dapat melihat kendala apa yang membuat program tersebut tidak berjalan," papar Mendagri.

Bagi Mendagri, selama ini program yang diterapkan presiden telah berjalan baik. "Saya kira, semua target sudah tercapai. Kalau masih ada hambatan, ya minta tolong kepada mereka untuk memonitor. Apalagi mereka sudah diberikan tunjangan kunjungan kerja ke konstituen guna menemui konstituen, menyerap dan mendengarkan aspirasi masyarakat," jelas Mendagri. *k22

loading...

Komentar