nusabali

Rapatkan Pertahanan

  • www.nusabali.com-rapatkan-pertahanan

Main di manapun tidak ada keuntungan. Karena informasi soal calon lawan sangat mudah didapat dan perkembangan sepakbola saat ini sangat pesat.

Bali United vs PSIS, Minggu Sore  


MANGUPURA, NusaBali
Pelatih Kepala Bali United, Widodo Cahyono Putro memberikan sinyal akan memberikan perhatian khusus lini pertahanan tim asuhannya, saat tandang melawan PSIS Semarang, Minggu (1/4) besok. Meski tidak bermain di Stadion Jatidiri, Semarang, tetapi Panser Biru – julukan suporter PSIS diprediksi memadati Stadion Moch Soebroto, Magelang, yang jadi homebase PSIS Semarang selama Liga 1 musim ini.

Lokasi pertandingan adalah tempat netral, namun pihak suporter PSIS disebut-sebut banyak juga di Magelang, karena masih Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Dengan main di kandang lawan, skuat Serdadu Tridatu diprediksi menggunakan sistem pertahanan berlapis.

Strategi itu berhasil, saat menghadapi Sriwijaya FC pada semifinal Piala Presiden. Dengan 'parkir bus', pertahanan anak asuh coach Widodo memang sulit ditembus. Apalagi dari 20 pemain yang diboyong ke PSIS Semarang, mengindikasikan akan menerapkan pola bertahan.  

Dengan target satu poin, dan sesekali counter attack cepat. Metode ini, sering ampuh diterapkan Widodo, minimal tidak dibobol pemain lawan saat bermain di luar kandang.

"Main di manapun tidak ada kata keuntungan. Karena informasi soal calon lawan sangat mudah didapat dan perkembangan sepakbola saat ini begitu pesat," ungkap pelatih Widodo, saat dikonfirmasi Jumat (30/3).

Ketika dihubungi Widodo mengaku baru mendarat di Bandara Adi Sucipto Jogjakarta, untuk kembali melanjutkan perjalanan darat ke Magelang.  Di laga nanti, Widodo mewaspadai semua pemain PSIS yang baru promosi ke Liga 1.

"Kalau soal mewaspadai kami selaku menekankan, jika lawan masuk sepertiga pertahanan wajib dipressing ketat. Itu selalu kami instruksikan kepada pemain," tutur Widodo.

Soal pola permainan dan ritme di lapangan, tidak ada perubahan. Tetap berupaya menguasai bola sebanyak mungkin. Dan, tidak terburu-buru masuk ke daerah lawan. Permainan dari kaki ke kaki sangat dibutuhkan.

Dan, jika memang ada peluang, umpan solo run atau umpang langsung satu kali atau dua kali, jika dirasa mampu menjadi gol itu akan dilakukan. Umpan matang itu dialirkan kapten Fadil Sausu ke pemain sayap atau striker Ilja Spasojevic.

Melawan PSIS, Bali United memboyong semua pemain inti. Mulai Kiper Wawan Hendrawan, Ahn Byuengkeon, Demerson, Ricky Fajrin, Andhika, Ahmad Agung, Sutanto Tan dan pemain serbabisa Nick Van der Velden.

Pemain lainnya yang ikut dibawa Dias Angga, Fadil Sausu, Taufiq, Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Milos Krkotic, Yandi Sofyan, Yabes Roni, Nyoman Sukarja, Hanis Sagara dan Spasojevic. Sementara dari rekor pertemuan, Bali United sempat menyerah 0-1 di Dipta Gianyar dalam laga ujicoba. *dek

Komentar