nusabali

Eliminasi Anjing Liar di Kawasan Besakih

  • www.nusabali.com-eliminasi-anjing-liar-di-kawasan-besakih

Danramil Rendang, Karangasem, Kapten Inf Ketut Sumendra, bersama 10 anggota mengeliminasi anjing liar di Desa Pempatan, Kecamatan Rendang dan sekitarnya, Minggu (1/4).

AMLAPURA, NusaBali
Tujuannya, pamedek di Pura Besakih tidak tergigit anjing liar. Sebab banyak anjing berkeliaran hingga Pura Besakih. Total 16 anjing liar berhasil dieliminasi.

Eliminasi anjing liar yang melibatkan Babinsa (Bintara Pembina Desa) dan tokoh masyarakat Desa Pempatan menyasar jalan raya. Meski zero kasus gigitan anjing rabies, eliminasi tetap dilakukan untuk antisipasi. “Anjing liar sering mengejar pengendara sepeda motor dan pejalan kaki. Makanya kami eliminasi. Daripada jatuh korban, lebih baik anjing itu dikorbankan,” kata Kapten Sumendra.

Rencananya eliminasi anjing terus dilakukan hingga ke Desa Besakih, Desa Menanga, dan sekiranya. Sehingga anjing-anjing itu tidak bisa masuk areal kawasan suci Pura Besakih. Pantauan NusaBali, sejak adanya eliminasi anjing, tidak ada lagi anjing-anjing liar masuk areal Pura Besakih. Mulai dari terminal, Bencingah Agung Pura Besakih, hingga ke jeroan Pura Besakih nihil anjing liar. Diharapkan pamedek dan wisatawan yang ke Pura Besakih aman dan terhindar dari gigitan anjing liar. *k16

Komentar