nusabali

Bupati dan Perbekel se-Karangasem Berkomitmen

  • www.nusabali.com-bupati-dan-perbekel-se-karangasem-berkomitmen

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, tandatangani komitmen bersama 75 perbekel se-Karangasem untuk mengoptimalkan seluruh potensi desa.

AMLAPURA, NusaBali

Tujuannya meningkatkan peran perbekel dan meningkatkan pembangunan di desa. Penandatanganan komitmen bersama perbekel se-Karangasem digelar di aula Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Senin (2/4).

Penandatanganan komitmen untuk jangka panjang itu diawali dengan pendataan potensi desa, selanjutnya mengoptimalkan potensi tersebut. Saat menandatanganan komitmen, Bupati Karangasem Mas Sumatri didampingi Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, Sekda I Gede Adnya Muliadi, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa I Komang Agus Sukasena, Ketua Forum Perbekel Bali I Gede Pawana, dan undangan lainnya. Dari pihak perbekel yang menandatangani secara simbolis perwakilan dari delapan kecamatan. Di akhir acara disusul seluruh perbekel membubuhkan tandatangan.

Ketua Forum Perbekel Karangasem, I Gede Partadana, mengatakan produk unggulan di Desa Bebandem yakni BUMDes, waduk desa, dan pasar desa. “Kami juga tengah mengembangkan sorgades (sarana olahraga desa) berupa gedung bulutangkis yang dikelola BUMDes,” jelas Partadana yang juga Perbekel Desa Bebandem. Sedangkan Perbekel Desa Tista, Kecamatan Abang, I Ketut Selamet Ariasa dan Perbekel Ababi, Kecamatan Abang, I Wayan Siki, mengaku masih menginventaris potensi di desanya.

Sedangkan Perbekel Desa Nawekerti, Kecamatan Abang, I Wayan Putu, mengatakan untuk sementara yang jadi unggulan berupa Objek Wisata Kampung Hutan Pinus. Sebab, objek itulah yang mulai didatangi pengunjung. Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakay Desa, I Komang Agus Sukasena, mengatakan, pada akhirnya semua potensi di desa dioptimalkan dan didukung Peraturan Bupati. *k16

loading...

Komentar