nusabali

Cabai Merah Turun, Bawang Merah Naik

  • www.nusabali.com-cabai-merah-turun-bawang-merah-naik

Harga bahan kebutuhan pokok di Denpasar dan sekitarnya relatif stabil. Namun ada juga beberapa yang mengalami pasang surut.

DENPASAR, NusaBali
Di antaranya cabe merah dan bawang.Pergerakan harga kedua komoditas ini berbanding terbalik. Harga cabai merah menurun, sebaliknya harga bawang merah merangkak naik.

Pantauan pasar Senin (2/4) harga cabai merah Rp 37.350  perkilogram dari sebelumnya sempat mencapai harga Rp 40.000  per kilogram. “Meski musim hari raya keagamaan (Purnama Kadasa yang merupakan upacara atau karya di sejumlah pura besar di Bali) harga cabai tidak terpengaruh,” ujar Kasi Pengendalian Barang Pokok dan Barang Penting Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali Gatot Supriatin, Senin (2/4).

Dari pantauan pihaknya, pasokan cabai merah memandai. Hal itu karena musim panen di banyak tempat. Walau sempat guyuran hujan, namun belum berpengaruh terhadap penurunan produksi. “Kan masih ada tenggang waktunya sebelum dampak hujan pengaruhi (kurangi produksi),” jelas Gatot Supriatin.

Sedang untuk bawang merah, karena pasokan berkurang, harganya merangkak naik. Menurut Gatot Supriatin ada peningkatan sekitar 8 persen dari sebelumnya. Dari harganya Rp 33.250  per kilogram, menjadi Rp 35.750 per kilogram pada Senin kemarin.

Sedang harga kebutuhan pokok lainnya masih stabil.  Diantaranya beras. Beras medium rata- rata Rp 9.350 per kilogram. Beras premium rata-rata Rp 12.000 per kilogram. “Masih di bawah HET Rp 12.800 per kilogram,” papar Gatot Supriatin. *k17

Komentar