nusabali

Laris, Jasa Dekorasi dan Peralatan Upacara

  • www.nusabali.com-laris-jasa-dekorasi-dan-peralatan-upacara

Bisnis jasa dekorasi dan penyewaan perabotan upacara di Denpasar dan sekitarnya menggeliat ramai, dalam beberapa waktu ke depan, hingga jelang hari raya Galungan.

DENPASAR, NusaBali

Keramaian tersebut menyusul dewasa (hari baik) untuk pelaksanaan upacara keagamaan, baik Dewa Yadnya maupun Manusa Yadnya. Yang terakhir ini yakni Manusa Yadnya, di antaranya Upacara Perkawinan yang memang lumrah jelang Galungan, sehingga dikenal ungkapan ‘Selikur Galungan’ (21 hari sebelum Galungan). Upacara Perkawinan ini menjadi berkah bagi penyedia jasa dekorasi dan perabotan. “Ya sekarang sudah mulai ada. Meskipun belum ramai betul,” ujar I Wayan Sukarta, seorang karyawan penyewaan peralatan upacara ‘Wiguna’ di Banjar Tembau Kaja, Kelurahan Penatih,  Denpasar Utara, Senin (2/4).  

Setidaknya dalam sehari ada saja yang menyewa peralatan seperti tenda, kursi serta yang lainnya. Sedang kalau pada musim ramai rata-rata empat pemesan yang dilayani dalam sehari. “Itu mulai memasang hingga membongkar setelah pakai,” ungkap Sukarta didampingi I Wayan Dita, yang juga karyawan setempat.

Ongkos sewa-sewa perabotan di  penyewaan ‘Wiguna’  dihitung per item barang. “Misalnya tenda ukuran 5x5 meter sewanya Rp 300 ribu per hari,” kata Sukarta. Sebelumnya  Kadek Murtika, pekerja jasa dekorasi asal Tulikup Gianyar, jelang Galungan permintaan jasa dekorasi sudah mulai ramai. “Kebanyakan jasa dekorasi pernikahan, karena sasih nganten (hari baik upacara pernikahan),” ujar Murtika.  

Pesanan dekorasi kata Murtika, datang sejumlah tempat, Bangli, Gianyar, Klungkung sampai Karangasem.  Ongkos sewa berkisar antara Rp 5  juta hingga bisa sampai Rp 10 juta. “ Tergantung orderannya. Karena ini sistem paket,” ujar Murtika.

Sedang musim sepi orderan, menurut pebisnis penyewaan alat dan perabotan upacara, Desember akhir tahun hingga Januari tahun berikutnya. “ Kalau sudah bulan itu sepi dah,” ujar Sukarta. *k17

Komentar