nusabali

Beragama Tak Cukup Hanya Berbuat Baik

  • www.nusabali.com-beragama-tak-cukup-hanya-berbuat-baik

Keluarga Mahasiswa Hindu-Budha Politeknik Keuangan Negara (KMHB PKN) STAN, Tangerang Selatan menggelar Sabha Gotra 2018 bertemakan ‘Umat Sedharma Keluarga Selamanya’.

JAKARTA, NusaBali
Agenda kegiatan ini meliputi lomba essay yang diikuti mahasiswa Hindu di seluruh Indonesia, lomba foto bagi kalangan umum dan seminar.Menurut Ketua KMHB PKN STAN I Dewa Gede Candra Deva, seminar mereka gelar pada Minggu (1/4) menghadirkan narasumber di bidangnya. Menghadirkan pengurus harian PHDI Pusat I Nyoman Marpa dan Pimpinan Pusat KMHDI Nanda Rizka,  keduanya bicara tentang ‘Menumbuhkan Kebanggaan Sebagai Hindu dalam Pluralisme Masyarakat’.

"Kami mengambil tema tersebut, karena ingin menumbuhkan semangat baru kepada umat sedharma serta meningkatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kebanggaan menjadi umat Hindu," ujar Deva kepada NusaBali, Senin (4/3).

Dalam seminar Pimpinan Pusat KMHDI, Nanda Rizka mengatakan, beragama tidak cukup hanya berbuat baik. Melainkan perlu memahami dan membaca kita suci serta mempelajari agama. "Apalah arti agama tanpa pernah mengetahui nilai ajaran-ajarannya yang perlu dipelajari dan diaplikasikan dalam kehidupan," papar Nanda.

Dia juga mengingatkan ketika membaca kitab suci perlu membuka diri dan menerima logika-logika dalam ajaran agama Hindu. Tak ketinggalan sering bersosialisasi dengan teman sedharma, memahami dan mencintai ajaran agama Hindu, saling peduli dengan umat sedharma dan mengamalkan ajaran-ajaran dharma dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara I Nyoman Marpa mengatakan, bangga adalah perasaan gagah karena memiliki sesuatu yang membuat baik. "Bicara kebanggaan dalam konteks Hindu adalah membawa kebaikan falsafah Hindu itu sendiri. Kebanggaan jangan dianggap sebagai komoditas yang nantinya hanya akan menjadi aksesoris," ucapnya.

Seminar dihadiri 220 orang. Mereka berasal dari keluarga mahasiswa Hindu se Jabodetabek, pemuda serta pengempon pura se provinsi Banten. "Mereka antusias sekali mengikuti seminar. Mereka menganggap seminar ini sangat positif sehingga berharap ke depan ada kembali dengan cakupan lebih besar lagi," papar Deva. *k22

Komentar