nusabali

Kadis Pertanian dan Pangan Akan Definitif Bulan Ini

  • www.nusabali.com-kadis-pertanian-dan-pangan-akan-definitif-bulan-ini

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta akan segera menetapkan pejabat eselon IIb yang sementara ini masih kosong, yakni Kepala Dinas Pertanian dan Pangan.

MANGUPURA, NusaBali
Bahkan bupati mengisyaratkan pengisian kursi yang ditinggal oleh IGAK Sudaratmaja tersebut akan berlangsung April 2018 ini.Sudaratmaja masuk masa pensiun sejak 1 Agustus 2017. Semenjak itu pula pucuk pimpinan diisi oleh pelaksana tugas (Plt). Adapun Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan adalah Putu Oka Swadiana yang sekarang menjabat Kepala Dinas Perikanan.

“April ini akan segera terisi,” kata Bupati Giri Prasta ditemui usai Rapat Paripurna DPRD Badung, Kamis (5/4). Menurut bupati, untuk tahapan pengisian kekosongan kursi eselon IIb itu kini sedang dipersiapkan.

Apakah mekanisme pengisiannya akan melalui tahapan pelelangan seperti prosedur yang pernah diterapkan sebelumnya, bupati tak merincinya. Menariknya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Badung I Gede Wijaya, mengaku belum mendapat perintah dari bupati perihal pengisian kursi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan tersebut. “Belum ada perintah dari bapak bupati,” tegasnya.

Ditanya terkait pembentukan panitia seleksi (Pansel) untuk menentukan nakhoda di Dinas Pertanian dan Pangan, lagi-lagi birokrat asal Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara itu menyatakan belum terbentuk. “Belum terbentuk juga, kami tunggu perintah dulu,” kata Wijaya.

Bila mengacu pada prosedur lelang jabatan eselon IIb terdahulu, pemerintah akan membentuk pansel terlebih dahulu. Pansel langsung dipimpin Sekda. Sementara anggota terdiri dari kalangan akademisi.

Tahapan seleksinya meliputi pengumuman terbuka, penerimaan berkas, seleksi administrasi, pengumuman hasil seleksi administrasi, wawancara, dan penelusuran rekam jejak. Setelah melewati tahapan itu, lalu pansel akan mengirim tiga orang nama kepada bupati. Lalu bupati pula yang memilih. Sehingga di sini peran pansel sebatas membantu mencari orang yang tepat.

Masih mengacu pada lelang jabatan terdahulu, biasanya persyaratan umum pengisian jabatan eselon IIb adalah seperti dari segi kepangkatan sudah IV a, sudah mengikuti diklat pimpinan, sertifikat uji kompetensi, dan sebagainya.

Untuk diketahui, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung IGAK Sudaratmaja  memasuki masa pensiun per 1 Agustus 2017. Pejabat berusia 60 tahun itu mengawali kariernya pada tahun 1986 di BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Bali sebagai penyuluh. Setelah itu, secara bertahap menduduki posisi sebagai Kepala BPTP Bali. Kendati sudah pensiun, Sudaratmaja menyatakan akan tetap berkontribusi untuk Gumi Keris. *asa

Komentar