nusabali

Jokowi 'Touring' Naik Motor ke Sukabumi

  • www.nusabali.com-jokowi-touring-naik-motor-ke-sukabumi

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4), dengan cara yang unik.

SUKABUMI, NusaBali
Pasalnya, Jokowi touring dengan naik sepeda motor Chopperland warna keemasan miliknya.Jokowi naik motor Chopper dari Kecamatan Bantar Gadung, Sukabumi menuju ke Pelabuhan Ratu yang berjarak 30 kilometer. Jokowi touring dengan ditemani sejumlah komunitas motor. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, juga ikut dalam rombongan naik sepeda motor ini.

Motor yang ditunggangi Jokowi melaju dalam posisi paling depan. Sedangkan motor yang ditunggangi Menhub Budi Karya dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berada di belakangnya, diikuti rombongan komunitas motor.

Di pinggir jalan, warga mendekat ingin melihat Jokowi dan rombongannya. Jokowi pun melambaikan tangan untuk menyapa warga. Mobil-mobil dari arah berlawanan rombongan juga sempat menghentikan kendaraannya untuk melihat Jokowi. Tak terdengar ada sirine yang mengawal touring Jokowi. Dalam perjalanan ke Pelabuhan Ratu, Jokowi sempat mampir di dua desa untuk meninjau program padat karya.

Ini untuk pertama kalinya Jokowi mengendarai motor Chopperland warna keemasan miliknya di luar kawasan Istana Bogor, Jawa Barat. Dalam touring kemarin, Jokowi sempat menunjukkan kelengkapan motor tersebut. "Supaya diketahui, kalau kita ingin naik sepeda motor, spionnya harus ada. Ini nih spionnya," kata Jokowi dilansir detikcom di Bantar Gadung, Minggu kemarin.

Jokowi lalu menunjukkan spion, lampu, hingga plat nomor motornya. Tak hanya itu, Presiden juga memastikan surat-surat motornya lengkap. "Semuanya ada, harus komplet. SIM juga ada, BPKB juga ada," tandas mantan Walikota Solo (Jawa Tengah) dan Gubernur DKI Jakarta ini.

Sebelum naik motor Chopperland, Jokowi juga memakai kaus tangan dan helm. Seorang ajudan tampak membantu Jokowi memastikan helm sudah terpasang dengan baik. Dalam touring tersebut, Jokowi naik motor sejauh 30 kilometer dari Bantar Gadung.

Jokowi sempat menjelaskan alasannya meninjau program padat karya tunai dengan naik motor. "Ini kan hari Minggu. Setelah tadi kan urusan gizi untuk anak, saya pengin mengajak kawan-kawan saya dari klub-klub motor untuk juga bersama-sama melihat padat karya tunai yang ada di desa-desa. Biasanya pakai mobil ini separuh jalan, kita coba pakai sepeda motor," ujar Jokowi.

Jokowi mengaku senang bisa naik motor bersama teman-temannya di jalan perlintasan Palabuhan Ratu, Sukabumi. Jokowi mengungkapkan, pihaknya  memilih kawasan Palabuhan Ratu sebagai lintasan touringnya, karena jalur tersebut sudah biasa dipakai para bikers. Kawasan tersebut juga terkenal dengan keindahan alamnya.

Menurut Jokowi, lintasan di Palabuhan Ratu memiliki tantangan tersendiri, karena jalannya berkelok-kelok. "Jalannya juga sangat berkelok-kelok. Dan, ingin sekaligus mengenalkan Palabuhan Ratu," tegas Jokowi.

Jokowi sendiri mengaku sudah terbiasa mengendarai sepeda motor. Terakhir, perjalanan naik motor jarak jauh dilakuni Jokowi saat melintas di Jalan Trans Papua setahun lalu. "Sebelum ini di Papua. Naik Trail itu, lumayan juga jauhnya, 10 kilometer," kenang Jokowi. Sebelum menjabat Presiden RI, Jokowi juga sering mengendarai motor.

Sementara itu, di sela touring kemarin, Jokowi sempat mampir ke dua desa di Sukabumi untuk meninjau program padat karya. Pertama, mampir di Desa Pasir Suren, Kecamatan Palabuhan Ratu. Di sini Jokowi meninjau Program Padat Karya Tunai, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Begitu turun dari motornya, Jokowi langsung terjun ke pematang sawah. Di sana dia sempat berdialog dengan para pekerja program padat karya yang merupakan warga setempat.

Kedua, mampir di Desa Citarik, Kecamatan Palabuhan Ratu, yang berjarak sekitar 5,4 kilometer dari Desa Pasir Suren. Di Desa Citarik, Jokowi meninjau Program Padat Karya Tunai Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), yakni proyek pembangunan Tembok Penahan Tanah dan Pondok Wisata Situ Kubang. Dari desa ini, Jokowi kembali melanjutkan perjala-nannya menuju Pesanggrahan Tenjo Resmi, Palabuhan Ratu. Jokowi mengajak ‘geng motornya’ makan siang bersama di RM Dapoer Muara Kenari. *

loading...

Komentar