nusabali

Mutasi Pejabat Dieksekusi Hari Ini

  • www.nusabali.com-mutasi-pejabat-dieksekusi-hari-ini

Sekitar dua puluhan pejabat akan dimutasi, mulai dari Eselon IIB hingga Eselon IIIA.

Tujuh Pejabat Eselon IIB Dirombak

SINGARAJA, NusaBali
Mutasi di lingkup Pemkab Buleleng, akhirnya bergulir, Senin (8/4) pagi ini, setelah sempat tertunda dari jadwal semula 5 April lalu. Sedikitnya, ada tujuh pejabat eselon IIB setingkat kepala dinas/badan, dirombak dalam mutasi kali ini. Selain itu ada juga 15 jabatan Eselon IIIA, setingkat kabag, sekdis dan camat.

Informasi yang berhasil dikumpulkan, mutasi kali ini merupakan mutasi pertama dalam masa jabatan kedua dari duet Bupati dan Wakil Bupati, Putu Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra. Mutasi kali ini sesuai dengan ketentuan, dilakukan enam bulan setelah duet Agus Suradnyana-Sutjidra dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Buleleng terpilih periode 2017-2022.

Tujuh pejabat yang dirombak dari posisinya di antaranya, Nyoman Suwatantra yang semula menjabat Kepala Dinas Pertanian, digeser ke jabatan Dinas Koperasi menggantikan Made Budi Astawa. Posisi Kepala Dinas Pertanian kini dipercayakan kepada Nyoman Genep, yang semula menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Konon Nyoman Genep dinilai lebih enerjik, dan pekerja ulet, untuk mengimplementasikan program prioritas di bidang pertanian. Sedangkan Nyoman Suwantra, sejauh ini kondisinya kurang fit, dan akan memasuki masa pensiun.

Pengganti Nyoman Genep di jabatan lama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, sejauh ini belum ada. Konon jabatan ini sengaja dibiarkan kosong, karena jabatan itu akan dileleng. Sedangkan Made Budi Astawa yang digusur dari jabatan Kepala Dinas Koperasi, ditarik menjadi staf ahli.

Mutasi kali ini juga merombak jabatan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Buleleng. Jabatan Sekwan yang semula dipegang oleh I Gede Wisnawa, digantikan oleh Dewa Ketut Manuaba yang semula menjadi salah satu staf ahli. I Gede Wisnawa dipercaya menjabat Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, menggantikan posisi Ni Made Rousmini.  Adapun  Rousmini dipercaya menggantikan posisi Dewa Ketut Manuaba sebagai staf ahli.

Selain merombak jabatan Eselon IIB, Bupati Agus Suradnyana juga merombak belasan jabatan Eselon IIIA. Salah satu di antaranya adalah Camat Busungbiu. Kini jabatan Camat Busungbiu dipercaya kepada Made Supartawan, yang semula menduduki jabatan Kabag Humas dan Protokoler. Sedangkan Camat Busungbiu, I Made Sudama Diana, jabatan barunya belum jelas. Namun disebut-sebut menjadi Camat Banjar.

Terkait agenda mutasi kali ini, baik Bupati maupun Sekda Buleleng Dewa Ketut Puspaka, belum bisa dikonfirmasi. Namun Kabag Humas dan Protokol Pemkab Buleleng, I Made Supartawan yang dikonfirmasi membenarkan agenda mutasi Senin pagi ini. Namun ia enggan memberikan komentar terkait agenda mutasi itu. Supartawan hanya mengirim surat undangan terkait agenda mutasi itu melalui pesan Whatsapp. “Memang akan ada mutasi besok (Senin hari ini,red), nanti lihat surat undangannya. Untuk nama-nama pejabat, lihat besok saja,” ujarnya.

Dalam surat undangan yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Dewa Ketut Puspaka, akan dilaksanakan di Lobi Atiti Wisma Kantor Bupati Buleleng, Jalan Pahlawan Singaraja. Surat undangan tersebut bernomor 005/814/BKPSDM. *k19

Komentar