nusabali

PMI Serahkan Bantuan Rp 1,467 Miliar

  • www.nusabali.com-pmi-serahkan-bantuan-rp-1467-miliar

PMI Pusat menyerahkan bantuan untuk 48 kelompok berasal dari enam desa di wilayah kawasan rawan bencana (KRB) III untuk modal usaha membangkitkan perekonomian yang sempat terpuruk akibat ancaman Gunung Agung erupsi.

AMLAPURA, NusaBali
Bantuan sebesar Rp 1,467 miliar diserahkan secara simbois di aula Kantor Desa Ban, Sabtu (7/4). Bantuan dana langsung masuk rekening PT Bank BPD Bali Cabang Karangasem.Bantuan diserahkan Kepala Sub Divisi Tanggap Darurat PMI Pusat, Ridwan, didampingi Koordinator Lapangan Divisi Tanggap Darurat PMI Provinsi Bali I Gede Sudiarta, dan Ketua PMI Karangasem I Gede Suparwata Yasa. Ridwan menjelaskan, bantuan tersebut untuk memulihkan kegiatan kelompok tani dan kelompok kerajinan yang terdampak status awas Gunung Agung. Guna mengoptimalkan penggunaan bantuan yang diterima masyarakat, PMI melakukan monitoring. “Bantuan harus tepat sasaran kepada kelompok yang menerima, juga bermanfaat sehingga perekonomian masyarakat pulih kembali,” jelas Ridwan.

Ridwan menambahkan, PMI juga melakukan pendampingan kepada masyarakat agar hasilnya optimal. Misalnya kelompok tani yang dominan bercocok tanam cabe dapat pendampingan dari ahli bidang pertanian. Sedangkan kelompok kerajinan juga demikian, pendampingan dari ahli bidang UMKM. Sudiarta dari PMI Provinsi Bali mengatakan, tujuan penyerahan bantuan secara langsung kepada 48 kelompok agar bantuan tepat sasaran. “Tinggal melakukan pendampingan pemanfaatan bantuan,” jelas Sudiarta.

Kelian Banjar Yehkori, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, I Komang Sudirman, bersyukur dapat bantuan dari dua kelompok di wilayahnya. “Kami juga berharap bantuan itu bisa dimanfaatkan kelompok seoptimal mungkin, agar perekonomian desa terus berkembang,” kata I Komang Sudirman. PMI mengalokasikan bantuan untuk tiap anggota kelompok kerajinan Rp 630.000 dan anggota kelompok tani Rp 500.000, total Rp 1,467 miliar untuk 2.476 anggota kelompok, berasal dari enam desa di KRB III.

Keenam desa itu yang dapat bantuan yakni Desa Sebudi (Kecamatan Selat) 6 kelompok, Desa Besakih (Kecamatan Rendang) 1 kelompok, Desa Jungutan (Kecamatan Bebandem) 6 kelompok, Desa Bhuana Giri (Kecamatan Bebandem) 2 kelompok, Desa Dukuh (Kecamatan Kubu) 10 kelompok dan Desa Ban (Kecamatan Kubu), sebanyak 25 kelompok. *k16

Komentar