nusabali

SMA PGRI Borong Juara Lomba Busana

  • www.nusabali.com-sma-pgri-borong-juara-lomba-busana

Lomba berbusana ke Pura Tingkat SMA se-Karangasem dilaksanakan Kantor Kementerian Agama Karangasem 2018.

Peserta SMA Banyak Menyalahi Kriteria

AMLAPURA, NusaBali
Gelar juara diborong SMA PGRI Amlapura. Gelar juara dimenangkan, setelah banyak peserta tidak memenuhi kriteria. Sedangkan juara I, juara II dan Juara III Tingkat SMP dimenangkan sekolah pinggiran.

Babak penyisihan dan final Lomba Berbusana ke Pura Tingkat SMP dan SMA berlangsung di Aula Kampus STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Agama Hindu Amlapura, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Minggu (8/4).

SMA PGRI Amlapura yang menyertakan dua pasang sebagai Wakil Kecamatan Karangasem. Keduanya sebagai juara I dan juara II, masing-masing pasangan atas nama I Gede Wahyu Krisna Aditya dan Ni Luh Evi Novita Sari. Serta pasangan I Komang Gery Triadnyana dan Ni Luh Putu Lia Pradewi.

Sedangkan juara III di nomor itu, pasangan I Kadek Agung Indra Bawa dan Ni Kadek Vinitapika  Pratiwi dari SMAN Bebandem. Peserta dari SMA PGRI di bawah asuhan Putu Eka Suputra, Made Lia Indrawan dan Puspadi. Kedua pasangan itu nantinya dibina lebih lanjut, untuk dipilih satu pasang mewakili Karangasem di Lomba Berbusana ke Pura Tingkat Provinsi Bali, Juli 2018 mendatang.

"Kami hanya latihan lima hari menghadapi lomba ini, terpenting kriteria berbusana sesuai yang dipersyaratkan dewan juri. Ditambah latihan cara berjalan, penampilan dan teknis lainnya," jelas I Gede Wahyu Krisna Aditya, siswa kelas X IPA1.

Semua peserta dari SMA PGRI adalah kelas X IPA 1, kecuali Ni Luh Putu Lia Pradewi kelas X bahasa.

Bertindak sebagai dewan juri Ida Ayu Nyoman Jelantik, Ida Ayu Ratih Ratna Dewi dan I Gusti Agung Arya Wira Pratama. "Banyak peserta SMA penampilannya yang tidak sesuai kriteria, padahal kami telah jelaskan saat acara pertemuan teknik," jelas Ida Ayu Nyoman Jelantik.

Dewan Juri Ida Ayu Ratih Ratna Dewi juga mengatakan, demikian. "Terutama penampilan pusung gonjer itu, banyak yang kurang tepat. Banyak memodifikasi, semestinya penampilannya pusung tagel," jelas Ida Ayu Ratih Ratna Dewi.

Sehingga dalam melakukan pembinaan katanya, hal itu dioptimalkan lagi tata riasnya. Sedangkan di nomor SMP pemenangnya, pasangan: I Kadek Hendra Jaya Saputra dan Ni Luh Kertina Yanti dari SMPN 1 Abang, juara II I Nengah Dedy Pratama dan Ni Ketut Ayu Saraswati dari SMPN 2 Abang, juara III pasangan I Wayan Trisna Arilantara dan Ni Putu Listya Dewi dari SMPN 3 Amlapura.

Nomor SD yang digelar Sabtu (7/4), juara I I Gusti Agung Wikan Prawira Prenawa dan Kadek Hendrayani Pranantiwi dari SDN 4 Subagan, juara II I Komang Agus Pradnya Suka Yogiswara dan Ni Komang Trisna Pramestia dari SDN 1 Karangasem dan juara III, Ida Bagus Pramana Pragangga dan Ida Ayu Anom Gita Nalini dari SDN 1 Jungutan.

Juara I dan juara II untuk Tingkat SD dan SMP, juga dipanggil melakukan pembinaan. Ketua Panitia I Wayan Serinada yang menutup lomba itu, menegaskan, pembinaan secepatnya dilakukan. "Nanti kami bersurat saat pembinaan dilangsungkan. Mudah-mudahan dari Karangasem nantinya ada yang menang di Lomba Berbusana Tingkat Provinsi Bali," harap I Wayan Serinada. *k16

loading...

Komentar