nusabali

Gepeng Ikut ‘Meriahkan’ HUT Kota Gianyar

  • www.nusabali.com-gepeng-ikut-meriahkan-hut-kota-gianyar

Momentum perayaan HUT Kota Gianyar ke 247, tak hanya bertabur lomba dan parade seni.

GIANYAR, NusaBali
Sejumlah gelandangan dan pengemis (gepeng) pun ikut  ‘merayakan’ HUT kota. Mereka tampak berkeliaran di ruas-ruas jalan protokol Kota Gianyar. Para gepeng turun gunung untuk mengais rejeki, sejak beberapa minggu belakangan ini. Puluhan gepeng baik siang dan malam meminta-minta. Seperti Kamis (12/4), sejumlah gepeng asal Karangasem sedang meminta-minta di seputaran Pasar Senggol Gianyar di Jalan Ngurah Rai, Gianyar. Demikian pula di Jalan Jata, sebelah timur Rutan Kelas 2 Gianyar, gepeng sebagian anak-anak berkumpul untuk minta-minta. Mereka langsung minta uang kepada yang datang, atau parkir ditempat itu. Maklum tempat ini sangat ramai untuk tempat parkir untuk belanja ke Pasar Senggol Gianyar.

Petugas Satpol PP Gianyar, tidak nampak. Sebab saat itu jam pulang kantor. Sehingga para gepeng tidak takut lagi untuk diamankan petugas Satpol PP Gianyar. Para gepeng yang sebagain besar anak-anak ini nampak asyik di emperan toko-toko.

Kasat Pol PP Gianyar, Cokorda Gde Agusnawa mengatakan pihaknya sudah sering kali menertibkan keberadaan gepeng di Gianyar. Dia mengaku mengalami kesulitan untuk menertibkan keberadaan gepeng karena begitu habis ditangkap dan dipulangkan tidak lama kemudian gepeng ini datang kembali ke Gianyar.

Dikatakan, keberadaan gepeng ini tidak menetap di satu tempat. "Kadang di Ubud, kadang di Gianyar. Dimana mereka anggap nyaman maka kami selalu dalam tugas kucing-kucingan," ujarnya. Menurut Cok Agusnawa, penanganan masalah gepeng merupakan tugas antar instansi dan lintas kabupaten. "Kami hanya menangkap selanjutnya kami serahkan ke dinas sosial. Kendala kami bila gepeng itu beraksi saat setelah jam kerja, tempat penampungan tidak ada," ungkapnya. *nvi

loading...

Komentar