nusabali

SMKN 1 Singaraja Lepas Ratusan Siswa

  • www.nusabali.com-smkn-1-singaraja-lepas-ratusan-siswa

Sebanyak 405 orang siswa SMKN 1 Singaraja dilepas setelah usai mengikuti UNBK pada Sabtu (14/4).

Sebanyak 60 Persen Terserap ke Dunia Kerja

SINGARAJA, NusaBali
Enam puluh persen di antaranya memilih untuk langsung terjun ke dunia kerja. Bahkan beberapa sudah diindent oleh sejumlah perusahaan retail di Bali.Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala SMKN 1 Singaraja, I Nengah Suteja, di sela-sela acara pelepasan siswa kelas XII di Gedung Kesenian Gde Manik Buleleng. Menurutnya sebagai salah satu sekolah kejuruan berbasis ekonomi di Buleleng, SMKN 1 Singaraja sudah siap mencetak lulusan yang terampil dan siap pakai.

Selain membekali siswanya dengan keterampilan sesuai dengan jurusan yang dipilih, juga diimbangi dengan kemampuan intelektual dan karakter. Ketiga keseimbangan elemen itu dipercaya dapat mengantarkan siswanya ke dunia kerja bersaing dengan tamatan sekolah lain. “Targetnya dari pusat, bagaimana anak-anak kami setelah lulus dapat diterima di dunia kerja, bahkan dinyatakan berhasil jika 100 persennya langsung bekerja. Karena SMK memang disiapkan untuk itu,” kata Suteja.

Selain itu pihaknya juga membekali anak didiknya dengan kemampuan berbahasa asing. Selain bahasa Inggris, seluruh siswa SMKN 1 Singaraja juga diajarkan bahasa Jepang dan Mandarin. Sehingga mereka memang disiapkan untuk dapat bersaing secara internasional, membaca peluang pasar di Bali.

Secara administrasi juga lulusan SMKN 1 Singaraja juga dibekali dengan sertifikat profesi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Sertifikat profesi yang dipegang setelah lulus itu pun disebut merupakan sertifikat dengan legalitas dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sejauh ini dengan tuntutan dan persaingan yang semakin ketat, siswa tamatan SMK memang diarahkan untuk langsung bekerja atau membuka usaha mandiri.

Semnetara itu Ketua Komite SMKN 1 Singaraja, Nyoman Sudana, menyambut baik kelulusan anak-anaknya. Pihaknya pun berharap SMKN 1 Singaraja dapat terus berbenah dan menyempurnakan program pembelajaran di sekolah, sehingga seluruh tamatannya sepenuhnya dapat diterima di dunia kerja. “Kami mengapresiasi seluruh upaya pihak sekolah untuk menjadikan anak-anak kami seperti sekarang. Harapannya ke depan bisa lebih baik lagi dengan persaingan yang semakin ketat,” ungkap dia.*k23

loading...

Komentar