nusabali

Warga Lokal Dapat Jatah 46 Persen

  • www.nusabali.com-warga-lokal-dapat-jatah-46-persen

Pendaftaran Calon Taruna Kelautan Jembrana

NEGARA, NusaBali

Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali membuka pendaftaran calon taruna baru angkatan kedua Politeknik Negeri Kelautan dan Perikanan (KP) Jembrana pada 16 April – 19 Juli 2018 (jalur umum) dan 16 April – 25 Juni 2018 (jalur khusus). Dalam rekrutmen tersebut, dicari sebanyak 75 calon taruna, dan tersedia jatah 46 persen atau 34 calon taruna bagi warga Kabupaten Jembrana.

Kepala Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan (PKP) Jembrana I Made Dwi Maharimbawa, Minggu (15/4), mengatakan, pendaftaran calon taruna baru Politeknik KP Jembrana tahun 2018 ini, merupakan rekrutmen angkatan kedua. Pada angkatan pertama tahun 2017, sudah terekrut 75 taruna yang masing-masing terbagi 25 orang dalam tiga program studi Diploma III ( D3), yakni Penangkapan, Pengolahan, dan Budidaya.

Namun saat pendaftaran calon taruna baru angkatan pertama tahun 2017, hanya sedikit pendatar dari Jembrana. Dari 75 taruna Politeknik KP Jembrana hasil rekrutmen angkatan pertama itu, hanya 14 orang atau sekitar 18 persen diisi warga Jembrana. Padahal dalam rekturman calon taruna baru KP Jembrana itu, ada kebijakan melalui KKP untuk menyediakan jatah 46 persen bagi putra/putri Jembrana. “Kuota 46 persen warga Jembrana ini disediakan melalui jalur umum maupun khusus,” ujar Maharimbawa.

Untuk pendaftar jalur khusus, kata Maharimbawa, dikhususkan untuk pendaftar dari kalangan pelaku usaha perikanan, di antaranya pembudidaya, pemasar, pengolah, tangkap, hingga petani garam. Pendaftar jalur khusus yang dari kalangan pelaku usaha perikanan ini, juga akan digratiskan selama menempuh pendidikan di Politeknik KP. “Karena itu, kami harapkan kuota yang disediakan itu, benar-benar dimanfaatkan warga Jembrana. Tetapi ada kemungkinan tahun ini, pendaftar yang dari warga Jembrana juga membeludak. Sementara sampai terakhir kemarin, sudah ada sekitar 18 orang warga Jembrana minta pengantar untuk keterangan pelaku usaha perikanan itu,” tuturnya.

Sementara mengenai pembangunan gedung KP Jembrana di Desa Pegambengan, Kecamatan Negara, kata Maharimbawa, tetap akan dirampungkan tahun 2018 ini, dan ditarget pada Oktober mendatang sudah diresmikan Menteri Kelautan dan Perikanan. Artinya ketika berjalan sesuai target tersebut, para calon taruna baru angkatan kedua itu pun tidak perlu lagi meminjam tempat perkuliahan di Politeknik KP Sidoarjo, Jawa Timur. “Kalau untuk pendaftarannya, bisa mendaftar secara online melalui www.pusdik.kkp.go.id/psb, atau datang langsung ke kantor (Dinas PKP Jembrana),” ujar Maharimbawa. *ode

loading...

Komentar