nusabali

STKIP Amlapura Juara Yoga Asanas di IHDN

  • www.nusabali.com-stkip-amlapura-juara-yoga-asanas-di-ihdn

STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Agama Hindu Amlapura menjuarai lomba Yoga Asanas kategori umum di IHDN (Institut Hindu Dharma Negeri) Denpasar tahun 2018.

AMLAPURA, NusaBali
Pada lomba itu, STIKIP Agama Hindu Amlapura mengirim dua regu. Hanya regu yang diperkuat I Wayan Sutarga, I Wayan Putu Ariawan, Eko Nararya Ananda Putra, Ni Luh Putu Ariani, dan Luh Putu Desy berhasil mengukir prestasi. Trofi Rektor IHDN Denpasar diserahkan di aula kampus setempat, Selasa (10/4).

Humas STKIP Agama Hindu Amlapura I Made Regeg dan Pembina UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Yoga Ida Bagus Suta Susila, mengungkapkan timnya mampu mengungguli regu Ashram Gandhi Puri Denpasar dan UNHI Denpasar. Padahal UNHI Denpasar pemegang gelar juara tahun 2016. “Kami juara karena tampil tanpa beban. Selama berlomba mampu menampilkan gerakan-gerakan sesuai kemampuan,” jelas Made Regeg, Minggu (15/4).

Regeg mengungkapkan, UKM Yoga dibentuk untuk kebugaran fisik, guna mencapai kesehatan jasmani dan rohani, berbudi pekerti, otak kanan dan kiri jadi seimbang, sehingga lebih cerdas dalam hal menerima setiap materi mata kuliah. “Yoga itu, selain olahraga fisik juga olahraga napas dan olahraga pikiran karena memerlukan konsentrasi,” tambahnya. Latihan yoga digelar di aula kampus, kadang di pantai.

I Wayan Sutarga, mahasiswa dari Lingkungan/Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem yang paling senior dan berpengalaman mengakui latihannya intensif setiap Sabtu dan Minggu. “Kami bersyukur, kegiatan yoga di SKTIP mulai ada alih generasi, telah muncul bibit potensial dari mahasiswi semester IV atas nama Ni Luh Putu Ariani dan Ni Luh Putu Desy,” kata Sutarga. Apalagi kedua mahasiswa itu ikut memperkuat regu STKIP hingga meraih juara. Sutarga optimis, prestasi STKIP bidang yoga akan terus berlanjut, bukan saja lomba di IHDN, juga di Temu Karya Ilmiah (TKI) Antar-Perguruan Tinggi Hindu se-Indonesia, setiap dua tahun sekali. *k16

loading...

Komentar