nusabali

Pep Guardiola Samai Ancelotti dan Mourinho

  • www.nusabali.com-pep-guardiola-samai-ancelotti-dan-mourinho

Baru di musim keduanya melatih Manchester City, Josep Guardiola mampu menaklukkan Premier League.

MANCHESTER, NusaBali
Gelar ini menempatkan Guardiola di daftar elite pelatih yang berprestasi.City memastikan gelar juara EPL 2017/2018 setelah rival terdekatnya, Manchester United (MU) ditumbangkan West Bromwich 0-1 di Old Trafford, Minggu (15/4) malam WITA.

Squawka memaparkan, selama ini hanya tiga manajer yang memenangi satu gelar di setidaknya tiga dari lima liga top Eropa. Mereka adalah Carlo Ancelotti yang memenangi liga di Italia (AC Milan), Inggris (Chelsea), Prancis (Paris St. Germain), dan Jerman (Bayern Muenchen); dan Jose Mourinho yang menjuarai Liga Inggris (Chelsea), Italia (Inter Milan) dan Spanyol (Real Madrid).

Sementara Guardiola pernah berjaya di dua liga lainnya; Spanyol dan Jerman. Di La Liga, Guardiola membawa Barcelona juara (3) dan Bayern di Bundesliga (3). Dia juga manajer Spanyol pertama, yang memenangi titel juara di Liga Inggris level tertinggi.

Gelar juara City menjadi trofi utama Guardiola yang ke-23. Sebelumnya ia meraih trofi Piala Liga Inggris dan menjadi piala pertamanya sejak menangani City pada awal musim 2016/2017.

Dalam karier melatihnya sebelum ini, Guardiola juga sudah menikmati kesuksesan di Bayern dan Barcelona. Secara berurutan ia punya tujuh piala semasa melatih di Jerman dan 14 trofi dalam awal karier melatihnya di Spanyol. Keberhasilan City menjuarai Premier League musim ini turut membuat Guardiola selalu mampu meraih titel liga bersama tim-tim yang ia tangani. 

Komentar