nusabali

Dinkes Bali Siapkan 4 RS dan Tim Kesehatan

  • www.nusabali.com-dinkes-bali-siapkan-4-rs-dan-tim-kesehatan

Untuk Pelayanan Medis Delegasi IMF-WB Annual Meeting

DENPASAR, NusaBali
Jelang penyelenggaraan International Monetary Fund and World Bank (IMF-WB) Annual Meeting 2018 yang akan digelar pada bulan Oktober 2018 di Nusa Dua, Dinas Kesehatan Provinsi Bali menyiapkan empat rumah sakit untuk kesiapan pelayanan medis dalam acara yang akan mendatangkan ratusan delegasi negara dari seluruh dunia itu.

“Untuk kesehatan kami siap. Kami sudah siapkan tim kesehatan di tempat acara, juga rumah sakit terdekat dengan pusat RSUP Sanglah sebagai rumah sakit rujukan,” ungkap Kadis Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya, Selasa (17/4).

Kadis Suarjaya mengungkapkan, setidaknya ada empat rumah sakit (RS) yang sudah disetujui oleh panitia penyelenggaraan IMF-WB Annual Meeting. Keempat rumah sakit itu adalah RSUP Sanglah Denpasar sebagai pusat rujukan, RS Siloam, RS BIMC Nusa Dua, dan RS Kasih Ibu Denpasar. "Selain empat RS itu, kami juga siapkan tiga tenda pelayanan kesehatan (yankes) di area VIP, dengan rincian 2 venue di Bali Nusa Dua Convention (BNDCC) dan 1 di Westin. Ada juga 20 klinik hotel yang sudah disiapkan,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait dengan alur penanganan, peserta nantinya memerlukan pelayanan medis ringan, maka akan dilayani di klinik terdekat, jika membutuhkan pelayanan medis berat baru akan dirujuk ke masing-masing rumah sakit. “Untuk kepala negara nanti akan disiapkan tim VVIP dan food security dimana jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah kepela negara. Tim VVIP ini terdiri dari dokter spesialis terpilih,” tandasnya.

Selain sisi pelayanan medis, dari segi akomodasi untuk para delegasi juga sudah dimatangkan. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gusti Agung Sudarsana mengatakan, kebutuhan akomodasi peserta IMF-WB Annual Meeting 2018 akan disiapkan dari Jakarta dengan jumlah dan spesifikasi menyesuaikan. "Kalau mobilitas masalahnya tidak signifikan, untuk akomodasi kendaraan nanti akan disiapkan dari Jakarta sesuai dengan kebutuhan," katanya. *ind

Komentar